PENGARUH PANDEMI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM BELAJAR MAHASISWA DI INDONESIA

Main Article Content

Heruna Tanty Bertlung Saputra Jane Audrey Quinn Nadya Cio Cionta

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, tentunya membawa dampak yang besar di berbagai bidang seperti dari bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya, termasuk pada bidang pendidikan. Salah satu dampak dari pandemi ini terhadap aspek pendidikan adalah perubahan sistem pembelajaran di Indonesia yang terbagi menjadi tiga yaitu online, offline, dan hybrid. Perubahan sistem pembelajaran ini tentunya berdampak kepada kualitas pembelajaran yang diterima para mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh pandemi terhadap efektivitas sistem belajar mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penilitian kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada target populasi yaitu mahasiswa di Indonesia sebanyak 100 orang. Data yang telah didapat melalui kuesioner akan dianalisis secara deskriptif dan juga inferensial. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh data yang telah dikumpulkan adalah valid dan reliable, serta sistem pembelajaran yang paling efektif adalah pembelajaran secara offline, diikuti dengan pembelajaran secara online, dan pembelajaran secara hybrid.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Tanty, B. Saputra, J. Quinn, and N. Cionta, “PENGARUH PANDEMI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM BELAJAR MAHASISWA DI INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 257-262, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Ashari, B. H., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya). JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 6(1), 17-21.
Dr. H.A. Rusdiana, D. M. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik (2 ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.
Irinna Aulia Nafrin, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana, 445-452.
Millena, R., & Jesi, T. (2021). Analisis Pendapatan Negara Indonesia Kota Bogor Provinsi Jawa Baratdengan Metode Kuantitatif. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(2), 1004-1009.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49-55.
Nurina Kurniasari, A. P. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Media Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Google Classroom, Zoom, Google Form Dan Kahoo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-33.
Singestecia, R., Handoyo, E., & Isdaryanto, N. (2018). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Slawi Kabupaten Tegal. Unnes Political Science Journal, 2(1), 63-72.
Susilawati, T., Dharmawansyah, D., & Sumaedi. (2019). Gas, Metode Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Sumbawa) . Jurnal Tambora, 3(3), 107-114.