PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Main Article Content

NUNIK ARDIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 sorkam. Jenis penelitian ini eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 sorkam yang berjumlah 160 siswa yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII-1, ditentukan dengan cara sampel random. Data penelitian ada dua macam yaitu observasi dan tes  yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh nilai rata-rata 3,67 berada pada kategori “sangat baik”. Gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata 47,48 berada pada kategori “kurang”. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata 73,12 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5%. Apabila nilai signifikan dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,0000,05  maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI)  terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sorkam”.

Article Details

How to Cite
[1]
N. ARDIANA, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 2, p. 33, Jul. 2018.
Section
Artikel