PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN LENTENG AGUNG 03

Main Article Content

Indriani Amelia Putri Desvian Bandarsyah Sulaeman Sulaeman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan Problem Based Learning pada kelas IV SDN Lenteng Agung 03. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berpikir kritis sudah menjadi salah satu kompetensi salah satu kompetensi dari tujuan pendidikan, bahkan menjadi sasaran yang ingin dicapai sekolah yang sudah menerapkan sistem (student centered). Model PBL sangat tepat untuk membantu peserta didik dalam memecahkan suatu masalah pada pembelajaran IPS (ilmu pengetahuan sosial) yang dapat dilihat saat pembelajaran dikelas di SDN 03 Lenteng Agung.profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis ditunjukan dengan sikap sebagai berikut: 1) mampu memfokuskan diri selama jam pelajaran berlangsung 2) mampu berkomunikasi dengan baik dengan teman sekelompoknya ataupun lawan bicaranya yang lain 3) suka mencari tahu kebenaran dengan meneliti ataupun mengkaji ulang informasi yang datang 4) menerima pendapat orang lain 5) mampu memecahkan masalah atau memberikan solusi terhadap masalah yang datang 6) memiliki keingintahuan yang tinggi pada sesuatu.Siswa mampu mengembangkan berpikir kritis

Article Details

How to Cite
[1]
I. Putri, D. Bandarsyah, and S. Sulaeman, “PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN LENTENG AGUNG 03”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 639-642, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707
Carin, A.A. & Sund, R. . (2016). Model Problem Based Learning. Problem Based Learning, 3(1), 17–57.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500
Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary Crossings: Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Problem-Based Learning. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 7–55.
Dewi, Y. A. S., Munawaroh, D. A., & Hayati, R. M. (2021). Metode Teacher Centered Learning (TCL). Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 760–769.
Dindin Abdul Muiz Lidinillah. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56
Gorontalo, U. N., Saintifik, M., Kritis, B., & Gorontalo, U. N. (2020). The Development of Social Studies Learning Devices with Scientific Methode to improve Critical thinking of Elementary. Karakteristik materi globalisasi yang memberikan perubahan yang besar pada nilai- nilai yang diyakini oleh masyarakat di masin. VII(1), 12–29.
Gunadi, D. I. P. (2019). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Jujur. 34–47. https://doi.org/10.31227/osf.io/zdt3g
Ika Mustika, Latifah, dan R. B. P. (2020). Abdimas Siliwangi Abdimas Siliwangi. Pembelajaran Saintifik Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat, 03(01), 49–59.
Laili, N. I., & Murni, A. W. (2021). … Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23–33. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/1436
Mahmuzah, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Didaktik Matematika, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2060
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nyet Moi Siew, R. M. (2014). the Effects of Problem- Based Learning With Thinking Maps on Fifth Graders ’ Science Critical. 1986, 602–617.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pengajar, S., & Pendidikan, P. (2013). *) Staff Pengajar Prodi Pendidikan Geografi, FIS, Unesa. 1(12), 1–11.
Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689
Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.