THE USE OF TEACHING MATERIALS ON HOME STUDY APPLICATIONS TO INCREASE STUDENT'S MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN SOLAR SYSTEM MATERIALS SUBJECTS CLASS VI SDN SORONGAN 1 KEC. CIBALIUNG

Main Article Content

Jaenudin Jaenudin Sholeh Hidayat Cucu Atikah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar Aplikasi Rumah Belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sorongan 1. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan metode yang digunakan proses penelitian tindakan kelas. Hasil temuan dan pembahasan pada siklus 1 yaitu pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sejumlah 16,6%. Pada siklus I terjadi peningkatan kembali menjadi 33,3% dengan kata lain terjadi peningkatan sebanyak 16,7% dari kondisi pra siklus ke siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali sejumlah 90% bagi yang tuntas. Pada siklus II pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sejumlah 13,3%. Pada siklus I terjadi peningkatan kembali menjadi 36,6% dengan kata lain terjadi peningkatan sebanyak 23,3% dari kondisi pra siklus ke siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali sejumlah 93,3% bagi yang tuntas.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Jaenudin, S. Hidayat, and C. Atikah, “THE USE OF TEACHING MATERIALS ON HOME STUDY APPLICATIONS TO INCREASE STUDENT’S MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN SOLAR SYSTEM MATERIALS SUBJECTS CLASS VI SDN SORONGAN 1 KEC. CIBALIUNG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 290-292, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, B. Uno. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukuran (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.
Mudlofar, Ali. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Muliani, Sumardi, & Munir, A. R. (2015). Motivasi, Komitmen Dan Budaya Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus Toefl Preparation Pada Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Jurnal Analisis, 4(2), 190-195.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sjukur, Sulihin B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (3): 368-78.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widiasworo, Erwin. (2015). Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.