ADAPTASI POLA PENDIDIKAN PESANTREN PADA SANTRI BARU MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH DI KABUPATEN OGAN ILIR

Main Article Content

Salman Alfarisi Mulyanto Mulyanto Waspodo Waspodo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilembaga pendidikan pesantren Al-Ittifaqiah santri baru Mts putra. Berfokuskan kepada proses adaptasi pola pendidikan pesantren dalam menghadapi santri baru. Tujuan penelitian ini ingin menganalisis latar belakang santri baru, rutinitas pola pendidikan pesantren menghadapi santri baru dan adaptasi santri baru di pondok pesantren Al-Ittifaqiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggali lebih dalam bagi informan-informan penting tentang bagaimana adaptasi santri baru terhadap pola pendidikan pesantren melakukan proses kegiatan agar santri terbiasa dilingkungan pesantren Al-Ittifaqiah. Data penelitian ini dari data primer didapat dari hasil observasi di lapangan, wawancara mendalam dan bukti dekumentasi. selanjutnya untuk data sekunder diperoleh dari buku, arsip, catatan dan dekumentasi lainnya yang dianggap berkaitan dengan penelitian ini. adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa para santri baru  mengikuti proses yang sudah di berikan oleh pesantren atas dasar bimbingan ustadz dan ustazah meliputi penjelasan mengenai terjadinya adaptasi santri baru di pondok pesantren.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Alfarisi, M. Mulyanto, and W. Waspodo, “ADAPTASI POLA PENDIDIKAN PESANTREN PADA SANTRI BARU MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH DI KABUPATEN OGAN ILIR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 530-532, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Ahmadi Abu. (2002). psikologi sosial. Jakarta : PT Rineka Cipta
Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia
Alisuf Sabri, (1999). Ilmu Pendidikan.Cet. I, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1999
Anthropology & Human Adaptation : (1976), New York : Pergamen Press.
Aminullah. (2018). Allamdulillah, Saya Mondok, sepotong sketsa kehidupan santri. Klaten : Lirboyo Pres
Brata Surya Sumadi (2010).berinteraksi social siswa kelas X di SMK Negeri 2Pacitan.metodologi penelitian tahun 2012.
Dhofier Zamkhasyari. (1998). Tradisi Pesantren. Cet. II; Jakarta : Mizan
Edward Humrey, Encyclopedia Internasional. (1975),New York: Grolier,
H. Muhkyidin A. sumendi (DKK). (2021). Buku panduan santri Al-iftifaqiah. Indralaya
Haryanto,(2009) Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik´Elit Politik Lokal dalam Perubahan Sistem Politik ” Volume 13, Nomor 2,
Khairuddin, dkk, Warfiah.( 2015) : warta tahunan Pondok Pesantren Al-Iftifaqiah.
Khoiriya, (2012). Sosiologi pendidikan Islam, (Yogyakarta. Teras. 2012
Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi. Bandung : Mizan
Nasir A. Baki.(2014) Arah Studi Keislaman di Indonesia, Makalah disampaikan pada Pembukaan Kuliah Umum Pascasarjana STAIN Panagkaraya Kalimantan Tengah.
Nofiana Sari. (2010). Pengaruh rasa percaya diri dan penyesuaian diri terhadap kemampuan.