PENTINGNYA KARAKTER TEACHERPRENEUR DALAM MEMENGARUHI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) BAGI GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN

Main Article Content

Fahmi Ulin Ni'mah

Abstract

Pengembangan Keprofesian berkelanjutan atau biasa disebut dengan PKB merupakan program pegembangan bagi guru yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dengan berbagai perubahan dan tuntutan dalam dunia pendidikan. Program tersebut terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Guru harus memiliki kemauan dan kemampuan untuk terus menyesuaikan diri dengan tuntutan pendidikan terutama pada saat ini, tuntutan pendidikan pada abad 21 sangatlah kompleks. Dalam melaksanakan PKB, seorang guru harus memiliki jiwa entrepreneurship yang mana sikap ini akan mendorong guru utuk terus berprestasi. Jiwa tersebut dimiliki oleh guru yang memiliki karakter teacherpreneur. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh karakter teacherpreneur terhadap PKB?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Struktural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive proportional random sampling yang berjumlah 159 guru SMK bisnis dan Manajemen di Kota Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter teacherpreneur mempengaruhi PKB sebesar 54,6%. Guru yang memiliki karakter teacherpreneur tinggi akan melakukan pengembangan diri dengan mengeksplorasi kemampuan kreatif melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada prestasi seperti menciptakan proyek inovatif, membuat PTK, melakukan publikasi ilmiah dan aktif dalam kegiatan MGMP.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Ni’mah, “PENTINGNYA KARAKTER TEACHERPRENEUR DALAM MEMENGARUHI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) BAGI GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 1, p. 67, Jul. 2018.
Section
Artikel