PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

Main Article Content

Ermawati Harahap Ahmad Zainy Rahmad Fauzi Ilham Sahdi Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di Kelas XI TKJ SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 7.541 > 1.725. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di Kelas XI TKJ SMK Swasta Yapim”.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Harahap, A. Zainy, R. Fauzi, and I. Lubis, “PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 216-220, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Budiarti, Yesi. 2020. Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.
Hamalik, Oemar, 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Husein, Umar. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdyansyah dan Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rangkuti, Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.
Riyanto ,Yatim. 2013. Paradigm Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Santi, Jane. 2018. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 3 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 3.
Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.