EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PAIR CHECKS (PASANGAN MENGECEK) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANTOM ANGKOLA

Main Article Content

eva yanti siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Tantom Angkola. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa dilihat dari cara siswa menjawab soal yang diberikan oleh guru, dimana siswa belum bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan menggunakan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek). Penelian ini bertempat di SMP Negeri 1 Tantom Angkola  selama 3 bulan yaitu mulai dari bulan juni sampai dengan bulan agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Tantom Angkola  yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling acak. Sehingga di dapat sampel kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan desain one group pretest posttest design. Menjaring data yang diperlukan observasi dan tes. Berdasarkan hasil perhitunga statistic dengan menggunakan paired sample “t”test diperoleh nilai signifikansi 0,000, hasil ini dibandingkan dengan  taraf signifikan yaitu 0,005. Hasil signifikansi lebih kecil dari 0,005. Hal ini berarti terdapat efektifitas antara penerapan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Tantom Angkola. Artinya dengan menerapkan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Tantom Angkola.


 

Article Details

How to Cite
[1]
eva siregar, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PAIR CHECKS (PASANGAN MENGECEK) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANTOM ANGKOLA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 2, p. 39, Jul. 2018.
Section
Artikel