ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIIIA SMP NU RIYADLUL QUR

Main Article Content

Hamidi Rasyid Esti Ema Susanti Hendra Rustantono

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIA SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum pada Masa PPKM Level 2. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIA SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum pada Masa PPKM Level 2 dilaksanakan tanpa menerapkan sistem shift dan peserta didik masuk kelas dengan jumlah normal tanpa menjaga jarak antar peserta didik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan terdapat pengurangan jam pembelajran serta materi disampaikan dengan cara dipadatkan. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Rasyid, E. Susanti, and H. Rustantono, “ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIIIA SMP NU RIYADLUL QUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 345-350, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

C. M. Tang and L. Y. Chaw, “Readyness for Blended Learning : Understanding Attitude of University Students,” Int. J. Cyber Soc. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 79–100, 2013.
Febriana, D. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses Di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 338-340.
Haryoko, S.Dkk. 2020. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik & Prosedur Analisis. Makassar: Universitas negeri Makassar.
HH Rustantono, L Fatimatuzzahro. Pengaruh penggunaan handphone terhadap interaksi sosial santri putri di pondok pesantren Miftahul Huda IV Mojosari Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Edutama 9 (1), 183-192. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2047
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/ 2021, Nomor 384 Tahun 2021; Nomor HK.01.08/ MENKES/4242/2021; Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 2021. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.
Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mustafa, S., Mustikaningsih, H. & Imayanti, R. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Kemendikbud.
Onde, M. Dkk. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6):4400-4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Surat Edaran Menteri dalam Negeri Republik Indoesia Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa Dan Bali. 2021. Jakarta: Menteri dalam Negeri Republik Indoesia
Vivit, N.A.P. 2013. Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.