SUSTAINABILITY OF INCLUSIVE EDUCATION DURING THE PANDEMIC

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Meilania Indah Prihatiningsih Tjut Dwi Anggraini Damcha Syafwandi Syafwandi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keberlanjutan pendidikan inklusi pada masa pandemi di dua sekolah yang berbeda, yaitu Sekolah Citta Bangsa, Bekasi, dan PAUD YPJ Tembagapura, Papua. Pendidikan inklusif menjadi tantangan di tengah pandemi, terutama bagi sekolah, orang tua, dan siswa berkebutuhan khusus. Guru ditantang untuk merancang strategi pembelajaran yang mampu memfasilitasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah. Metode penelitian dalam jurnal ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru pendamping khusus, anak berkebutuhan khusus, dan orang tua/wali siswa, sedangkan siswa dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus yang berada di dua sekolah yang berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data kualitatif bersifat induktif, yaitu penelitian berdasarkan data yang diperoleh.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Achyar. (2018). PPPPTK & PLB. From PPPPTK & PLB: https://p4tktkplb.kemdikbud.go.id/permasalahan-pendidikan-inklusif-di-indonesia/
Bektiningsih, B., Trimurtini, Muslikah, Widihastrini, F., & Susilaningsih, S. (2020). Model Pendidikan Inklusi dan Implementasinya Pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 259-266.
Convention on the Rights of the Child. (2006). General Comment No. 9 The Rights of Children with Disabilities. Geneva: United Nations.
Edukasi, C. A. (2022, January 15th). Faktor Penting Dalam Keberhasilan Pendidikan Inklusi. From CAE Indonesia: https://www.cae-indonesia.com/article-detail/11/faktor-penting-dalam-keberhasilan-pendidikan-inklusi
Fetrimen, & Saroh, S. (2022). Penerapan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi COVID-19 di DKI Jakarta. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 39-47.
Linda, F., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Kultur Demokrasi.
Minsih, Nandang, J., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Masa Pandemi COVID-19. Jurnal BASICEDU, 1252-1258.
Nurusshobah, S. F. (2019, December). KONVENSI HAK ANAK DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. BIYAN: Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 1(2). doi:https://doi.org/10.31595/biyan.v1i2.211
RI, K. P. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, dan Masyarakat). From kemenpppa.go.id
Sugiarto, A. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sumarni. (2019). Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 148-161.