PENGEMBANGAN MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN di SMA

Main Article Content

Perima Simbolon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ekosistem berbasis problem based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum, materi, dan karakteristik siswa. Tahap design dilakukan perancangan modul. Tahap develop dilakukan uji validitas dan praktikalitas modul. Tahap disseminate dilakukan uji efektifitas. Modul divalidasi oleh 4 orang validator. Selanjutnya modul yang sudah valid, diuji praktikalitasnya oleh guru dan siswa SMA kelas X. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data efektivitas dikumpulkan melalui angket motivasi, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan modul ekosistem berbasis problem based learning untuk SMA. Modul ekosistem berbasis problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Nilai validitas modul 84,84% kategori sangat valid, praktikalitas oleh guru 87,6% kategori sangat praktis, praktikalitas oleh siswa kategori 88,0% kategori sangat praktis, motivasi belajar 79,7% kategori termotivasi, aktivitas belajar 78,4% kategori aktif, dan hasil belajar siswa rata-rata 79,8 kategori baik. Hasil penilaian ini berarti modul yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Simbolon, “PENGEMBANGAN MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN di SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 2, p. 45, Jul. 2018.
Section
Artikel