PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MENGGUNAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MATERI POKOK PELUANG DI KELAS IX SMP NEGERI 1 SIPIROK

Main Article Content

Nisah Ayu Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara  penggunaan model pembelajaran Snowball Thowring dengan menggunakan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa materi pokok peluang di kelas IX SMP Negeri 1 sipirok. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 sipirok, dengan waktu penelitian  dilakukan selama tiga bulan, mulai  Juni sampai dengan Agustus 2016.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan sebanyak 6 kelas dengan jumlah 121 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Cluster Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Penggunaan metode pemecahan masalah pada Materi Aljabar diperoleh nilai 3,11 termasuk kategori “Baik”. Gambaran hasil belajar pada materi aljabar sebelum menggunakan metode pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,3 termasuk kategori “Gagal” dan sesudah menggunakan metode pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,7 kategori “Baik”. Kemudian uji hipotesis dengan menggunakan “t-test” pada taraf kepercayaan sebesar 95% atau tingkat kesalahan sebesar 5% dan derajat kebebasan (dk) = 31 – 2  = 29 diperoleh t tabel 1,66, sedangkan  Nilai thitung diperoleh 2,37 (2,37 > 1,66). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima/disetujui. Artinya, terdapat Pengaruh yang Signifikan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Thowring dengan  menggunakan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa materi pokok peluang di kelas IX SMP Negeri 1 sipirok.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Siregar, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MENGGUNAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MATERI POKOK PELUANG DI KELAS IX SMP NEGERI 1 SIPIROK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 80, Jul. 2018.
Section
Artikel