PENGGUNAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK AUTIS

Main Article Content

Uli Fatwati Erna Risfaula Kusumawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi hewan di sekitar dengan media flashcard sebagai sarana pembelajaran IPA bagi anak autis. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan eksperimen dengan single subject. Penelitian ini digunakan untuk melihat kemampuan anak pada fase besaline dan fase intervensi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan test performance. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan penggunaan media flashcard sebagai perangkat yang mampu secara signifikan mempengaruhi kemampuan anak pada pembelajaran IPA khususnya materi identifikasi hewan bagi anak autis kelas 1. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk anak autis.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Fatwati and E. Kusumawati, “PENGGUNAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK AUTIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 77-81, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Ardiyanti, Azisah, Moses Usman, dan Irianty Bandu Bandu. 2018. “Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard .” Jurnal Ilmu Budaya Vol.6 No.1 176-186.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Sauatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Astami, Timur Sri. 2013. “Efektivitas Penggunaan Media Flashcard dalam Pengajaran Kakikata to Yamikata III pada Mahasiswa UBINUS Semester Tiga Tahun Ajaran 2010/2011.” Jurnal Lingua Cultura Vol.4 No.2 183-190.
Astuti, Dewi Puji. 2018. “Penggunaan Media ABACA Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Peanakulaan Anak Autis di Sekolah Khusus Cita HAti Bunda Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Khusus 1-12.
Azwandi, Yosfan. 2017. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depsiknas.
Benazir, Markis Yunus, dan Kasiyati. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi melalui Media Kartu Gambar Berseri bagi Anak Autis.” E-Jupekhu Vol.2 No.3 270-279.
Bimantara, Afif, Mohammad Suyanto, dan Eko Boedijanto. Juni 2015. “Implementasi Aplikasi Game Autisme "AHADA" di SLB Bina Anggita Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah DASI Vol.16 No.02 1-11.
Careaga, Milo, Sally Rogers, Hansen Robin, David, Amaral, Judy Van De ater, dan Paul Ashwood. 2017. “Immune Endophenotypes in Children with Autism Spectrum Disorder.” Bio Psychiatry, Vol.81 No.5 434-441.
Fianakawati, Yuli, Ni Made Dhanawaty, dan Ni Wayan Sukarini. September 2017. “Kemampuan Berbahasa Anak Autis Tipe PDDNOS.” Linguistika, Vol.24 No.47 203-220.
Huzaemah. 2012. Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Pustaka Obor Indonseia.
Ichsan, Mayzan, dan Mega Iswari. 2019. “Pelaksanaan Pembelajaran IPA bagi Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi.” Juppekhu Vol.7 No.1 243-248.
Iswari, Fitria. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Desain Komunikasi Visual 119-128.
Maslakah, Nisaul, dan Zulia Setiyaningrum. Juni 2017. “Pengaruh Pendidikan Media Flashcard terhadap Pengetahuan Anak tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta.” Jurnal Kesehatan Vo.10 No.1 9-16.
Maudina, Lifara Aidlika. 2015. Proses Pembelajaran Artikulasi Lagu dalam Pembelajaran Vokal untuk Anak Usia 7 Tahun (Studi Kasus di All Mozart Music Course & Studio Kudus). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ni'matuzahro, dan Susanti Prasetyaningrum. 2018. Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Malang: UMM Press.
Rachmawati, Riani, Tiati Heanakawati, dan Juhanaini. Juni 2016. “Efektifitas Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alphabet pada Siswa Tunarungu Kelas TK-A2 SLB Negeri Cicendo Kota Bandung.” Jass_anakku Vol.17 No.1 1-7.
Rapmauli, Dinar, dan Andi Matulessy. Januari 2015. “Pengaruh Terapi Beanakain Flashcard untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Anak Autis di Miracle Centre Surabaya.” Persona Vol.4 No.1 51-60.
Setiawati, Ni Lu Made. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flashcard terhadap minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SDLB Negeri Tabanan.” e-Journal PPUPG Vol.5, No.1 1-10.
Setiawati, Ni Lu Made. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flashcard terhadap minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SDLBB Negeri Tabanan.” e-Journal PPUPG Vol.5, No.1 1-10.
Siswina, Tessa, Lusia, dan Asmaurika Pramuwidya. Jaunuari 2020. “Pengaruh Flashcard terhadap Perkembangan Bahasa di TK Dharul Khair.” Jurnal Kebidanan Khatulistiwa, Vol.6 No.1 43-47.
Sriyanti, Lilik, dan Uli Fatwati. 3-4 Desember 2019. “The Use of Flashcard to Improve Communications on Using Prepositions in Autistic Child.” The 2nd ICODIE. Yogyakarta: ICODIE. 27-46.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsiwi. Juni 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Sosial Anak Autis di TK B.” Jurnal Ilmiah PPTK PAUDNI Vol.10 No.1 1-8.
Sunu, Christoper. 2012. Unclocking Autism. Yogyakarta: Lintang terbit.
Susanto, Nugroho Irvan. 2015. Profil Identitas Kemampuan Artikulasi Anak Autistik kelas 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Autis Citra Mulia Mandiri Kalasan Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tsilioni, Taliou, Francis, dan Theoharides. 2015. “Childern with Autism Spectrum Disorder, who Improved with a Luteolin Containing Dietary Foemulation, Show Reduced Serum Levels of TNF and IL-6.” Psychiatry Vol.5 No.1 1-5.
Ulmi, Nabila. Januari 2013. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Metode Totaly Physical Response (TPR) bagi Anak Autisme (Single Subject Research di Kelas IV SLB YPPA Padang) .” E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1 No.1 574-585.
Yani, Nurul Fitrah. Februari 2017. “Kemampuan Anak Penderita Autis dalam Memahami Tindak Tutur Direktif : Tinjauan Pragmatik Klinis.” Jurnal Retorika, Vol.10 No.1 1-71.