PENGGUNAAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA FISIKA I BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Main Article Content

Faderina Komisia Theresia Wariani Kornelis Bria Maria Benedikta Tukan Maria Aloisia Uron Leba

Abstract

Kegiatan praktikum yang dilakukan di laboratorium masih menggunakan petunjuk praktikum yang hanya berisi penjelasan secara singkat, alat dan bahan, prosedur percobaan, data hasil pengamatan, dan pertanyaan-pertanyaan, sehingga hasil belajar yang diperoleh mahasiswa belum maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan modul praktikum kimia fisika I berbasis problem solving (pemecahan masalah) pada mata kuliah praktikum kimia fisika I. Modul praktikum berbasis problem solving merupakan petunjuk praktikum yang didalamnya terdapat tahapan-tahapan pembelajaran model problem solving. Model problem solving merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Unwira setelah menggunakan modul praktikum Kimia Fisika I berbasis Problem Solving pada mata kuliah Praktikum Kimia Fisika I semester ganjil 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan modul praktikum Kimia Fisika I berbasis Problem Solving pada mata kuliah praktikum kimia fisika I tergolong dalam kategori sedang dengan N-Gain skor rata-rata yang diperoleh sebesar 0,52

Article Details

How to Cite
[1]
F. Komisia, T. Wariani, K. Bria, M. Tukan, and M. Leba, “PENGGUNAAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA FISIKA I BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 20-23, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Djamarah, Syaiful B danZain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Dwi, Sari I. A. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Problem SolvingPada Mata Kuliah Elektronika. Tecnoscienza. Vol. 2, No.1. Universitas Kahuripan, Kediri.
Hake,R,R.1999.AnalyzingChange/GainScores.AREADAmerican Education Research Association’s Devision. D. Measurement and Reasearch Methodology, American.
Johari, Surif dan Ibrahim, N. Hasniza. 2012. “Conceptual and Procedural Knowledge in Problem Solving”. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education. Vol 56, 416-425.
Jonassen. D. 2003. Learning to Solve Problems: an instructional Design Guide.Willey and Sons, Inc, San Francisco.
Polya, G. 1973. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Princenton University Press, New Jersey.
Rustaman, Nuryai. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi Edisi Revisi, Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI, Bandung.
Salmiati. 2018. Desain Penuntun Praktikum Berbasis Problem Solving Pada Materi Sistem Regulasi Untuk Madrasah Aliyah. Prodi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.