THE STRATEGY FOR IMPROVING TEACHERS PERFORMANCE THROUGH TEACHER WORK GROUP (KKG) AS PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY

Main Article Content

Lalu Hamdian Affandi I Made Candiasa Yohanes Umbu Lede Bayangkari Bayangkari Jossapat Hendra Prijanto

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberdayakan guru namun hasilnya belum memuaskan. Kajian ini bertujuan menganalisis masalah pemberdayaan guru melalui KKG dan merumuskan rekomendasi yang bisa ditindaklanjuti oleh pengambil kebijakan. Kajian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menganalisis data dari berbagai literatur, terutama artikel yang dipublikasi di jurnal ilmiah. Data kemudian dianalisis dengan pendekatan tematik. Kajian ini menyimpulkan bahwa rendahnya kinerja guru disebabkan ketidakmampuan guru memecahkan masalah pembelajaran dan beradaptasi dengan perubahan. Masalah tersebut berasal dari ketidakmampuan guru melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran. Solusi permasalahan tersebut adalah kemampuan belajar guru, yang mewujud dalam kapasitas guru untuk melakukan unlearn dan relearn. KKG sebagai wadah pemberdayaan guru perlu dirancang dan dikembangkan sebagai komunitas belajar yang di dalamnya guru dibiasakan dan diberi ruang untuk melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran yang dilakukannya, secara bersama merancang, menguji coba, dan mengevaluasi solusi pembelajaran. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan KKG sebagai komunitas belajar adalah budaya dialog reflektif dan kolaborasi aktif dengan didasari oleh semangat kebersamaan, keterbukaan, saling percaya, dan kepedulian. Selain itu, KKG sebagai komunitas belajar perlu melibatkan guru lebih banyak dalam proses perencanaan sehingga program KKG lebih relevan dengan masalah dan kebutuhan guru.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Affandi, I. M. Candiasa, Y. Lede, B. Bayangkari, and J. Prijanto, “THE STRATEGY FOR IMPROVING TEACHERS PERFORMANCE THROUGH TEACHER WORK GROUP (KKG) AS PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 401-407, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2020). Classroom Management at Primary Schools in Mataram: Challenges and Strategies. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 263-266). Atlantis Press.
Affandi, L.H., Ermiana, I., & Makki, M. (2019). Effective Professional Learning Community Model for Improving Elementary School Teachers’ Performance. Prosiding of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 326, 315-320.
Al Rasyid, H. (2017). Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(2), 143-150.
Alfiansyah, M.A., Affandi, L.H., & Rosyidah, A.N.K. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 di Gugus IV Cakranegara. Mataram: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram.
Alwi, M. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2), 101-117.
Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66-75.
Bakhshi, H., Downing, J. M., Osborne, M. A., & Schneider, P. (2017). The future of skills: Employment in 2030. London: Pearson and Nesta.
Bautista, A., Wong, J., & Gopinathan, S. (2015). Teacher Professional Development in Singapore: Depicting the Landscape. Psychology, Society, & Education, 7(3): 311-326.
Bernhardt, P.E. (2015). 21st Century Learning: Professional Development in Practice. The Qualitative Report, 20(1), 1-19.
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative research journal, 9(2), 27-40.
Collie, R. J., Granziera, H., Martin, A. J., Burns, E. C., & Holliman, A. J. (2020). Adaptability among science teachers in schools: A multi-nation examination of its role in school outcomes. Teaching and Teacher Education, 95, 103148.
Cooper, H.M., Patall, E.A., & Lindsay, J.J. (2009). Research Synthesis and Meta-Analysis. In Leonard Bickman and Debra J. Rog. The Sage Handbook of Applied Social Research Methods. 2nd Edition. p. 344-370. Thousand Oaks, California: Sage Publication, Inc.
Depdiknas. (2009). Pedoman Pengelolaan Gugus Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidian Dasar dan Menengah.
Dirjen PMPTK Depdiknas. (2008). Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Dunn, W.M. (2018). Public Policy Analysis: An Integrated Approach. Sixth Edition. New York: Routledge.
Ehlers, U. D., & Kellermann, S. A. (2019). Future skills: The future of learning and higher education (pp. 2-69). Karlsruhe.
Guskey, T.R. (2009). Closing the Knowledge Gap on Effective Professional Development. Educational Horison, 87(4), 224-233.
Guskey, T.R. (2017). Where Do You Want to Get to?: Effective Professional Learning Begins with a Clear Destination in Mind. The Learning Professional, 38(2), 32-37.
Hasanah, U. U. (2014). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 123-135.
Kale, U., & Akcaoglu, M. (2020). Problem Solving and Teaching How to Solve Problems in Technology-Rich Contexts. Peabody Journal of Education, 95(2), 127-138.
Khasanah, L.P., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Implementasi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Pelaksanaan Tugas Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Gugus Anyelir Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 34-37.
Kusmianto. (1997). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: Erlangga.
Lathif, F., & Slamet, S. (2019). Evaluasi kegiatan kelompok kerja guru di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 109-119.
Lee, D.H.L., Hong, H., Tay, W.Y., & Lee, W.O. (2014). Professional learning communities in Singapore Schools. Journal of Co-operative Studies, Special Issues, Transformative Power of Co-Operation in Education, 46(2): 53-56.
Mertens, D.M. (2010). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Third Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publication, Inc.
Mooduto, Y. S. (2019). Implementasi Program KKG dalam Meningkatan Profesionalisme Guru SD di Kabupaten Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 5(4), 411-424.
Nejla, M. G., & Selma, G. U. L. E. C. (2018). Relationship between teachers' perceptions of mobbing and their problem solving skills. Educational Research and Reviews, 13(1), 51-59.
Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh kelompok kerja guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 53-58.
Patton, K., Parker, M., & Tannehill, D. (2015). Helping Teachers Help Themselves: Professional Development that Makes a Difference. NASSP Bulletin, 99(1), 26-42.
Petrie, K., & McGee, C. (2012). Teacher Professional Development: Who is the Learner?. Australian Journal of Teacher Education, 37(2), 59-72.
Ra, S., Shrestha, U., Khatiwada, S., Yoon, S. W., & Kwon, K. (2019). The rise of technology and impact on skills. International Journal of Training Research, 17(sup1), 26-40.
Saidah, I. (2018). Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG). Journal of Education Action Research, 2(4), 384-390.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing.
Suprijanto, E., & Arikunto, S. (2016). Efektivitas pengelolaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 141-151.
Suwandani, R. A., Karma, I. N., & Affandi, L. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 24-30.
Tam, A.C.F. (2014). The Role of a Professional Learning Community in Teacher Change: a Perspective from Beliefs and Practices. Teachers and Teaching, 21(1), 22-43.
Vulpe, L., & Pribac, S. (2021). Teachers' Adaptability to Online Education during COVID-19. Journal of Educational Sciences, 22 (2), 63-78.
Yan, C. (2015). ‘We can’t change much unless the exams change’: Teachers’ dilemmas in the curriculum reform in China. Improving Schools, 18(1), 5-1