PENGARUH PENGUASAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP DI KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan Google Classroom terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bogor. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pamijahan dan SMP Aulia. Sampel penelitian berjumlah 160 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara penguasaan Google Classroom terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Terlihat dari hasil analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi sebagai 0,992 yang berarti setiap pengaruh antar variabel cukup tinggi. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ= 19,85+(0,37X) yang berarti setiap peningkatan satu unit penguasaan Google Classroom (X) akan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia (Y) sebesar 0,37 unit. Konstribusi variabel penguasaan Google Classroom meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia (r²) sebesar 0,984% dengan koefisien determinasi sebesar 98,4% dan sisanya 1,6% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menegaskan penggunaan Google Classroom memberikan pengaruh baik dalam kegiatan.
Article Details
References
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hardiyana, A. (2015). Implementasi Google Classroom Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional. SMAN 1 Losari Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.
Izenstark, A., & Leahy, K. L. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 32(9), 1–3.
Karim, A. A., & Faridah, S. (2022). TRANSFORMASI CERITA RAKYAT RONGGENG RAWAGEDE KE DALAM SINIAR MISTERI DIBALIK RONGGENG KARAWANG. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152–166. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3947
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). MENINGKATAN DAYA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP ALAM KARAWANG. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2).
Nurbaidah, N. (2021). AN ANALYSIS OFSTUDENTS’ MOTIVATION USINGGOOGLE CLASSROOMIN LEARNING READING COMPREHENSION (A Study at the First Grade Students of Institut Pendidikan Tapanuli Selatan in 2020/2021 Academic Year). Jurnal Education And Development, 9(2), 446–450.
Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek# ProsaDiRumahAja. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1315–1322. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2143
Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(1), 59–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Pratama, D., & Sopryadi, H. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Kelas Elektronik Terhadap Efektifitas dan Efisiensi Proses Belajar STMIK XYZ. Jatisi, 3(1), 61–72.
Prihartini, S., & Lubis, S. I. (2021). Analisis Problematika Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 86–95. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3045
Ramadhan, D. P., Susilaningsih, S., & Husna, A. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Google Classroom Dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas Xi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 178–187. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p178
Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3531–3540. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2655
Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab melalui Google Classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102.
Senjaya, E. A. A. (2022). Penggunaan Google Classroom untuk Memfasilitasi Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Education And Development, 10(1), 186–191. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/661
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 727–741. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofi, E. (2016). Pembelajaran Berbasis e-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Tanzhim, 1(1), 49–64.
Sudibjo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Google Classroom Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Respons Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development, 7(3), 278–284.
Sugiyono, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, A. I. (2021). Learning English Through Google Meet, Google Classroom, and Whatsapp Groups for Ama Yogyakarta Students. Jurnal Education and Development, 9(3), 573–578.
Wasono, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 10–19.
Yakin, M. A. (2021). Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 108–114.