ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS PERSUASI PADA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PERILAKU KONSUMTIF” DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP

Main Article Content

Mila Novianti Oding Supriadi Hendra Setiawan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi berorientasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, (2) mendeskripsikan unsur kebahasaan yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, dan (3) mendeskripsikan manfaat analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan bahan ajar teks persuasi SMP Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Objek penelitian ini adalah struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa observasi, dokumentasi, dan simak catat untuk menyerap kalimat mana yang mengandung struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian pada analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” diperoleh dari enam data yang terdapat dalam percakapan video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” yang ditemukan penulis di atas, video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang lengkap dengan yang seharusnya di setiap datanya. Setiap data memiliki struktur dan unsur kebahasaannya sendiri. Maka video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan pemanfaatan selanjutnya untuk dijadikan bahan ajar teks persuasi di kelas VIII SMP.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Novianti, O. Supriadi, and H. Setiawan, “ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS PERSUASI PADA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ‘PERILAKU KONSUMTIF’ DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 380-385, Aug. 2022.
Section
Artikel
Author Biographies

Mila Novianti, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Unversitas Singaperbangsa Karawang

Oding Supriadi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

Hendra Setiawan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Dalman, H. (2018). Keterampilan menulis. Depok: Rajawali pers.

Deepublish. (2022). Teks Persuasi: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Lengkapnya. [Online]. Tersedia https://penerbitdeepublish.com/teks-persuasi/ [05 Juni]

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Educhannel. (2022). Pengertian Bahan Ajar. [Online]. Tersedia https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-bahan-ajar.html [30 Juni 2022]

Fauziah, T. (2021). Analisis Struktur Teks PERSUASI Berorientasi pada Kredibilitas dan Pernyataan Ajakan dalam Video Propaganda sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Kelas VIII SMP. Skripsi Sarjana pada FKIP UNPAS Bandung.

Ida, A.C.D. (2020). “Analisis Jenis dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi pada Kumpulan Motivasi Merry Riana. 9 (1). 111-119.

KBBI V, 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id [03 Juni 2022]

Karim, A. A., & Faridah, S. (2022). TRANSFORMASI CERITA RAKYAT RONGGENG RAWAGEDE KE DALAM SINIAR MISTERI DIBALIK RONGGENG KARAWANG. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152-166.

Kemendikbud. (2017). Buku bahasa indonesia SMP/MTS. kelas VIII edisi revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Gorys (2011). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia.

Kokasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kokasih, E. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Lestari, ika. 2013. Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi (sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan). Padang: Akademia Permata.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masnun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek# ProsaDiRumahAja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1315-1322.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3638-3651.

Sadikin, Mauldina Mustika. (2014). Perilaku Konsumtif | Powtoon Animation. [Online]. Tersedia: https://www.youtube.com/watch?v=SgLLeKSVr20 [10 Juni 2022]

Saviera, R.R.I. (2020). Analisis Struktur pada Argumentasi dan Fakta dalam Teks Persuasi di Surat Kabar “Pikiran Rakyat” Edisi Maret 2020 sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Skripsi Sarjana pada FKIP UNPAS Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta cv.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Yunus. (2008). Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Timkemdikbud (2014). Bahasa Indonesia ekspresi dan akademik. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia.

Wijayanthi, R.R. (2018). Pembelajaran Menyajikan Teks Persuasi Dengan Memerhatikan Struktur dan Kebahasaan Menggunakan Metode Example Non-Example di Kelas VIII SMPN Muhamadiyah 3 Bandung. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Pasundan Bandung.

Wulandari, E., & Sudibyo, E. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(3), 101-101.