ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs TELUKDALAM

Main Article Content

Rohpinus Sarumaha

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan yang dikehendaki untuk dimiliki siswa setelah mempelajari matematika. Selain kemampuan pemecahan masalah, siswa juga perlu memiliki kemandirian belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi pola bilangan dan kemandirian belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Telukdalam T.P 2021/2022 yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong sangat rendah karena seluruh siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika pada materi pola bilangan, tidak memahami permasalahan, tidak mampu mengembangkan konsep matematika yang dimiliki, menjawab permasalahan tanpa rencana strategi yang tepat, tidak mampu memahami pola bilangan dari konfigurasi  objek. Sedangkan kemadirian belajar siswa tergolong baik dimana siswa memiliki kemandirian yang baik dari semua aspek. Peneliti menyarankan agar siswa siswa lebih kreatif saat proses pembelajaran, guru perlu melakukan refleksi dengan mempertimbangkan indikator pencapaian kompetensi yang mengarah pada kemampuan pemecahan  masalah serta mendampingi siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan masalah.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sarumaha, “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 414-419, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Anggrayni, Dina, Haryanto, and Syaiful. 2021. “Analisis Epistemic Cognition Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Materi Teori Peluang.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 829–41.
Dachi, Risniatman, and Rohpinus Sarumaha. 2021. “Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Di Desa Idala Jaya Hilisimaetano Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Education and Development 9(3): 599–604.
Damayanti, Nofita, and Kartini. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1): 107–18.
Firdaus, Assyifa Ekananda, Heni Pujiastuti, and Cecep Anwar Hadi F S. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 1(4).
Izzati, Nur. 2017. “Penerapan PMR Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP.” Jurnal Kiprah 5(2): 30–49.
Muslim, Siska Ryane. 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 1(2): 88–95.
Nainggolan, Moristha Luciana, Yatha Yuni, and Yanti Suryanti. 2016. “Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat.” In Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, Indonesia, 180–89.
Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim. 2019. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” In Prosiding Sesiomadika 2019, Karawang, 1214–23. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.
Purwanta, T E, G Muhsetyo, and H Susanto. 2017. “Kajian Pengetahuan Prasyarat Tentang Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa SMP Kelas VIII-7 SMP Negeri 21 Malang.” In Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, , 912–20. https://www.researchgate.net/profile/Hery_Susanto4/publication/319207887_Kajian_Pengetahuan_Prasyarat_tentang_Bangun_Ruang_Sisi_Datar_pada_Siswa_SMP_Kelas_VIII-7_SMP_Negeri_21_Malang/links/599bf1b00f7e9b892bad2854/Kajian-Pengetahuan-Prasyarat-tentang-Bang.
Ranti, Mayang Gadih, Indah Budiarti, and Benny Nawa Trisna. 2017. “Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar.” Math Didactic 3(1): 75–83.
Rasam, Fadli, and Ani Interdiana Candra Sari. 2018. “Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan.” Research and Development Journal of Education 5(1): 95–113.
Santoso, Teguh, and Dwi Priyo Utomo. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Aksioma 9(2): 306–15.
Saputri, Rinda Azmi. 2019. “Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 3(1): 21–38. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335.
Sarlina. 2015. “Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar.” MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 3(2): 194–209.
Sarumaha, Rohpinus. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smas Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing.” Jurnal Education and Development 3(1): 68–72.
Sarumaha, Rohpinus, and Efrata Gee. 2021. “Identifikasi Hombo Batu Sebagai Media Pembelajaran Ditinjau Secara Matematis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(1): 155–66. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2019.e00146.
Sarumaha, Rohpinus, Darmawan Harefa, and Maria Magdalena Zagoto. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter.” Jurnal Education and development 6(1): 90–96.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Sulistyorini, Yunis, and Siti Napfiah. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(2): 279–87.
Sumarmo, Utari. 2004. “Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik.” In Makalah Pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta Tanggal, , 1–9.
Sumartini, Tina Sri. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut 5(2): 148–58.
Sundayana, Rostina. 2018. “Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 75–84.
Tanjung, Henra Saputra, and Aminah Nababan Siti. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.” Genta Mulia 10(2): 178–87.
Widodo, An Nur Ami, and Sofri Rizka Amalia. 2020. “Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender.” AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 9(1): 158–65.
Wira, Lidia, and Edy Surya. 2020. “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp Swasta Santa Maria Medan.” Jurnal Inspiratif 6(1): 1–13.
Yuliawan, Harris, and Eko Nusantoro. 2020. “Hubungan Antara Keyakinan Diri Dan Perilaku Disiplin Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Se-Kabupaten Boja.” JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling 6(2): 124–38.