PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI GOOD EDU PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Main Article Content

Fajar Karenia Sawindu Imran Imran Iwan Ramadhan Maria Ulfah Riama Al Hidayah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran berbasis pada masalah dengan aplikasi Good edi dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak. Pada pemelitian ini, metode digunakan ialah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber dari data penelitian ialah seorang guru Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak serta empat siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 2 Pontianak. Adapun hasil penelitian, yaitu adanya acuan dari perencanaan pembelajaran (RPP) daring yang berisi materi Fungsi Sosiologi dalam mengkaji Ragam Gejala Sosial yang telah dibuat pada awal semester 1. Pada pelaksanaan model Problem Based Learning menggunakan aplikasi good edu telah dilaksanakan sesuai dengan RPP terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil yang ditunjukkan adalah siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan melakukan secara individu, menemukan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat. Dari hasil penelitian, ada tiga ranah dari hasil pembelajaran yang telah menjadi guru. Diantaranya yaitu pada ranah pengetahuanm sikap dan keterampilan.

Article Details

How to Cite
[1]
F. K. Sawindu, I. Imran, I. Ramadhan, M. Ulfah, and R. Al Hidayah, “PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI GOOD EDU PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 67-72, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Amalia, A. dan S. F. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng. Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148-164.

Andrasmono, D. (2019). Kualitas Pembelajaran Etika Lingkungan Bagi Siswa Sekolah SMAN 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(1), 20–25.

Angie, L., 1, W., & Rafsanjani, M. A. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Apakah Penerapan Blanded Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.453

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784

Imran, I. R. (2019). Penilaian dan Pembelajaran Sosiologi (Konsep, Implementasi, dan Contoh). IAIN Pontianak Press.

Imran, I., Salim, I., Prancisca, S., Ismiyani, N., Ramadhan, I., & Mirzachaerulsyah, E. (2021). Workshop Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru di SMA Negeri 2 Paloh Kabupaten Sambas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.54082/jamsi.79

Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Masdianah, M. (2020). Tantangan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas/Sederajat di era revolusi industri 4.0. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1).

Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 339–352.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Jurnal ITTIHAD, 1(2), 185–195.

News, G. (2020). No Title. Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar.

Ramadhan, Iwan., Jaya T N., Firmansyah, E, Alkahfy, R., R. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. EDUKATIF: JJurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792.

Sormin, D. (2016). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2(1), 117-130.

Sudirman. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SMAN 1 Simboro Kabupaten Mamuju. Celebes Education Journal, 2(2), 81–90.

Sujana, Atep, & W. S. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Rajawali Pers.

Sulastri, E., Imran, I., & R. (n.d.). Analisis Ciri-Ciri Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fkip Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(2).

Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905