PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA 7 SUBTEMA 3 “BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU” MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SD NEGERI 173243 AEK BOTIK, KEC. PAHAE JAE KAB. TAPANULI UTARA

Main Article Content

Afdhal Ilahi Nurbaiti Nurbaiti Mina Syanti Lubis Lamria Nababan

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 8 subtema 3 “Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku” menggunakan model Course Review Horay (CRH) di kelas IV SDN 173243 Aek Botik, Kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara.Penelitian ini menggunakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 173243 Aek Botik, Kec.Pahae Jae Kab.Tapanuli Utara dengan jumlah siswa 14 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar pada tema 8 subtema 3 “Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku” di kelas IV SDN 173243 Aek Botik, Kec. Pahae Jae Kab.Tapanuli Utara dengan Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) adalah 70.Pada siklus I siswa memperoleh rata-rata 67,0 dengan jumlah siswa yang tuntas 8 orang dengan presentasi 57,14%, dan pada siklus II memperoleh rata-rata 76,14 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang dengan presentasi85,71%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Ilahi, N. Nurbaiti, M. Lubis, and L. Nababan, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA 7 SUBTEMA 3 ‘BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU’ MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SD NEGERI 173243 AEK BOTIK, KEC. PAHAE JAE KAB. TAPANULI UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 633-638, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Daryanto, 2018.Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah.Penerbit Gavea Media, Yogyakarta.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Prenada Media Grup.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz media.Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edisi Pertama. Prenadamedia. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung