HASIL BELAJAR MAHASISWA JALUR PMP DENGAN SNMPTN JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

Main Article Content

Nora Alisa Pulungan Tamin Ritonga

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan untuk melihat perbandingan hasil belajar mahasiswa dari jalur pemanduan minat dan prestasi (PMP) dengan jalur seleksi nasional perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Sampel penelitian sebanyak 93 mahasiswa UNIMED. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Medan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Pendidikan Biologi. Dengan Teknik pengumpulan data dari mengumpulkan KHS mahasiswa dari semester I-IV dan menggunakan angket yang dijawab oleh mahasiswa. Data yang diperloleh dianalisis dengan uji t. Kemudian diperoleh hasil kesimpulan penelitian bahwa tidak terdapat perbandingan hasil belajar yang siginifikan anatara mahasiswa yang masuk melalui jalur PMP dengan SNMPTN. Dimana rata-rata IPK mahasiswa jalur PMP adalah 2.91 dan SNMPTN adalah 2.92.

Article Details

How to Cite
[1]
N. A. Pulungan and T. Ritonga, “HASIL BELAJAR MAHASISWA JALUR PMP DENGAN SNMPTN JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 754-762, May 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto,S.(2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik., Rineka Cipta,Jakarta
Daryanto. (2017), Panduan Proses Pembelajaran., AV Publisher, Jakarta.
Ekawati. (2007), Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan Prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui Jalur reguler dan jalur spmb (studi kasus pada Mahasiswa p. Ips angkatan 2007. http://lib.uin-malang.ac.id/abstract/04130038.pdf. (Diakses 10 Maret 2011).
Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. (2009), Pedoman Penulisan Proposal Dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA Unimed.
Hidayah, N. (2015), Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Antara Mahasiswa SPMP Dan SPMB Yang Berasal Dari Smk Kepariwisataan Jurusan Tata Busana Program Studi Pendidikan Tata Busana Jurusan Tjp Ft Unnes Angkatan Tahun 2005. http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:5ATs4ziAEoJ:digilib.unnes.ac.id/gsdl/coll. ( Diakses 12 Maret 2011).
Janalia, G. (2017), Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Jalur Pemanduan Minat Dan Prestasi (PMP) Dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengtahuan Alam Universitas Negeri Medan T.A 2005 / 2006. Skripsi, FMIPA,Unimed,Medan.
Lufri. (1996), Prestasi mahasiswa IKIP Padang Menurut Model Seleksinya. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2129681100.pdf. ( Diakses 22 Februari 2011).
Priyantoro, D. (2008), Uji Statistik Komparasional Penerimaan Mahasiswa Baru Antara Jalur Ujian Tulis Dan Jalur Unggulan Sekolah Di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. http://jurnal.sttn-batan.ac.id/wp-content /uploads/ 2008 /12/70 _dwiP639-645.pdf (Diakses 25 Februari 2011)
Rizal, F. (1997). Peta Kualitas masukan (Input) Mahasiswa Ikip Padang. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/221977286.pdf (Diakses 23 Februari 2011)
Santoso. (2007), Jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) 2007, http://www.unhas.ac.id/biologi/profil2.htm. (Diakses 25 Februari 2011).
Slameto. (2010) Belajar & faktor – faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009), Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
UNIMED. (2010) Buku Pedoman Mahasiswa Tahun Akademik 2010 /2011. UNIMED.