PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI KIMIA (TATIK) BERBASIS ANDROID PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X DI SMA N 1 KOTO BARU

Main Article Content

Regita Rahmi Nur Azizah Elvy Rahmi Mimi Herman

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya media yang digunakann saat pembelajaran dan masih kurangnya pemahaman konsep siswa ketika pembelajaran, sehingga rendahnyanilai ulangan harian, siswa kelas X IPA berjumlah 30 orang, yang mencapai ketuntasan hanya 14 orang, kelas X IPA 2 berjumlah 30 orang, yang mencapai ketuntasan hanya 8 orang, dan kelas X IPA 3 berjumlah 30 orang, yang mencapai ketuntasan  hanya 13 orang. Media pembelajaran Teka-Teki Kimia (TATIK) berbasis android dirasa perlu dikembangkan untuk dijadikan media pembelajaran oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan valid dan praktis  media pembelajaran Teka-Teki Kimia (TATIK) Berbasis Android pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi kelas X di SMA N 1 Koto Baru. Metode yang peneliti gunakan yaitu Research and Development dan model  4D (define,design, develop and disseminate). Tahapan model 4Dini dilakukan mulai tahap pertama sampai ketiga, ada 1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran keadan dilapangan, 2) tahap design, dilakukan untuk menyiapkan media awal Teka-Teki Kimia (TATIK),  3) tahap develop, hasil dari validitas dan praktikalitas. Hasil  akhir penelitian ini yaitu: 1) media pembelajaran Teka-Teki Kimia(TATIK) berbasis android hasil validitas yang diperoleh 87,7% termasuk kategori valid, 2)  instrument media pembelajaran  Teka-Teki Kimia (TATIK) sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validitas yang di peroleh 91,6%, dan 3) media Teka-Teki Kimia (TATIK) berbasis android sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket respon siswa 91,8%.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Nur Azizah, E. Rahmi, and M. Herman, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI KIMIA (TATIK) BERBASIS ANDROID PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X DI SMA N 1 KOTO BARU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 53-59, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Afriantono, Haris. 2020. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Interaktif Pada Materi Hindrolisis Kelas XI.Skripsi. Semarang.
Ayu Sani, Fitria. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Kimia(TTK) Berbasis Android Pada Materi Sruktur Atom Untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK.Skripsi. Yogyakarta
Dwiranata , Doni . Dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X Sma. Jurnal Varian. Vol. 3. No. 1. E-Issn 2581-2017.
Firry, Tahel. Dkk. 2019. Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android . Jurnal Ternomatika. Vol 09, No 02. p-ISSN:2087-9571, E ISSN :2541-335x.
Iqbal, Muhammad. Dkk. 2020. Pengembangan Multimedia pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis multiple representasi menggunakan lectora inspire. jurnal ilmia kanderang tingang. Vol.1. ISSN. 2087-1
Kurniawan, dian. DKK. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan media screencast o-matic mata kulia kulkulas 2 menggunakan model 4-D triagarajan. Vol.3. No.1. Jurnal siliwangi. ISSN 2476-9312.666x (printed).
Mellisa, Oktafiani. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Softwore Kodular Pada Materi Larutan Elektrolit dan non Elektrolit.
Moh. Jazuli, Dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 7. No. 2.
Rabiul, Yuselita. 2019. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Ikatan Kimia (Siswa Kelas X Sman 1 Benai). Jom Ftk Uniks. Vol. 1. No. 1.
Rete, Agustinus. 2019. Pengembangan media pembelajaranTTS kimia pada materi tata nama senyawa. SPIN(jurnal pendidikan kimia). Vol.1. No.1. ISSN:2686-455x.Shellawati. 2021.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasisi WEB Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Unggul Tunal Bangsa.