PENGARUH MINAT TEHADAP HASIL BELAJAR KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Main Article Content

Roswita Bere Theresia Wariani Erly Grizca Boelan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Makir. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Makir (3) Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Makir (4) Untuk mengetahui pengaruh minat dan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Makir. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Makir termasuk dalam kategori minat belajar sangat baik dengan rata-rata yang di peroleh sebesar 82 dan hasil belajar siswa tuntas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Makir tahun tuntas Dengan rata nilai keseluruhan (NA) 86. Ada hubungan antara minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Makir dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi koloid dengan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 42.25%. Ada pengaruh minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Makir dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi koloid ditunjukkan persamaan regresi sederhana Y= 49.5305 + 0,41

Article Details

How to Cite
[1]
R. Bere, T. Wariani, and E. Boelan, “PENGARUH MINAT TEHADAP HASIL BELAJAR KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 128-132, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Anwar dan Oktanoviani. 2021. Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Menggunakan Model Discovery Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), Vol. 3. No. 1
Berutu, dan Tambunan. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. JURNAL BIOLOKUS Vol.1 No. 2.
pindo Hutauruk., dan Rinci Simbolon. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. Volume 8 No 2. Medan: Universitas Negeri Medan.
Priansa. 2015. Manajemen peserta didik dan model pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sayuna Asty Maria. 2017. Pengaruh Ketrampilan Proses Dan Kejujuran Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Ipa Sman Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, FKIP, Pendidikan Kimia, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV