ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM RANAH LITERASI MEMBACA DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Henry Aditia Rigianti Arief Cahyo Utomo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan asesmen kompetensi minimum ranah literasi di sekolah dasar. Asesmen Kompetensi Minimum dirancang guna memetakan dan memperbaiki pendidikan secara menyeluruh. Asesmen ini fokus pada penguasaan kompetensi literasi dan numerasi agar peserta didik dapat mengembangkan diri serta berperan aktif dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Teknik pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  dokumentasi  yakni pencarian data melalui catatan, buku, makalah atau artikel, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AKM literasi membaca terdiri dari konten, konteks dan kognitif, pelaksanaan AKM ranah literasi membaca masih terkendala pada ketersediaan sarana seperti komputer dan buku serta kemampuan guru mengembangkan soal.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Rigianti and A. Utomo, “ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM RANAH LITERASI MEMBACA DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 133-137, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52-58.
Azriansyah, A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 32 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 262-269.
Fanani, A., Hanindita, A. W., Rosidah, C. T., & Susiloningsih, W. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Soal AKM Literasi Teks SD. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1333-1338.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program pisa. Jurnal Litera, 17(1), 90-106.
https://indonesiapisa.com/profil/ diakses pada 26 Agustus 2022
Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 250-260.
Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Persfektif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159-165.
Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110 – 116.
Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78-83.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rohmatilah, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2021/2022.
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Sari, V. P., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237-5243.
Sari, Milya, and Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6(1): 41–53.
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 85-97.
Shoimah, R. N. (2020). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah (Studi Kasus di SDN Karah 1 Surabaya). MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 1-17.
Yuliandari, R. N., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 203-219.
Yustisiawandan a, F. T., Syukra, A., Santosa, A. D., Sugiharto, M. A., Yustiawan, S., & Usman, U. K. (2017). Sistem Kapak (Kelas Pintar Anti Kecurangan). Citise, 323 – 326.