MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PADA PENGGUNA FITUR WHATSAPP STORY (STUDI PADA GENERASI MILLENIAL DI KOTA BANDUNG)

Main Article Content

Indah Sary Juniar Kharisma Nasionalita

Abstract

Perkembangan tekologi dan internet semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi terutama semenjak kehadiran berbagai media baru yang berbasis online. Penggunaan media sosial semakin tersegmentasi berdasarkan usia. Whatsapp sebagai salah satu media baru perpesanan instan mendominasi penggunaan media sosial pada usia 26-44 tahun yang termasuk kedalam Generasi Millenial, sebagai media baru Whatsapp memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Whatsapp melalui fitur story nya yang disebut Whatsapp Story, berhasil memiliki 450 juta pengguna aktif setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif generasi millenial dalam menggunakan fitur Whatsapp Story. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini mengacu pada lima motif penggunaan media menurut Papacharissi dan Rubin (2000) yakni Motif Interpersonal Utility, Motif Passing Time, Motif Convenience, Motif Seeking Information dan Motif Seeking Time. Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner terhadap 100 orang responden, diketahui bahwa Motif Seeking Information menjadi motif yang paling banyak muncul dengan persentase skor sebesar 84,5% dan motif yang paling sedikit muncul adalah Motif Passing Time dengan persentase skor sebesar 78,95%.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Juniar and K. Nasionalita, “MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PADA PENGGUNA FITUR WHATSAPP STORY (STUDI PADA GENERASI MILLENIAL DI KOTA BANDUNG)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 451-456, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. JPII Volum.
Andaru, D. P. (2021). Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok (Survey Pada Remaja Berusia 14-24 Tahun Pengguna Tiktok di Kota Bandung). https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/169000/motif-penggunaan-media-sosial-tiktok-survey-pada-remaja-berusia-14-24-tahun-pengguna-tiktok-di-kota-bandung-.html
Anindita, P. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu, Pendapatan Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc dengan Stunting (pendek) pada Balita Usia 6-35 bulan di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm
Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153. www.freepik.com
Firdaus, R. A. (2019). Motif Penggunaan Media Sosial Tinder. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/156614/motif-penggunaan-media-sosial-tinder-di-kalangan-mahasiswa-kota-bandung.html
Habibah, A. F., & Irwansyah. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
Liliweri, P. D. A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books/about/Komunikasi_Antar_Personal.html?id=QvSlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Luik, J. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. http://repository.petra.ac.id/19444/3/44_Publikasi1_06002_6825.pdf
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants.
Putri, S. C., & Irhandayaningsih, A. (2021). Literasi Informasi Generasi Millennial dalam Bermedia Sosial untuk Mengatasi Penyebaran Berita Hoax Terkait Covid-19 di Kabupaten Pati. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/viewFile/12357/6667
Safrin, S. R. S. (2020). Pola Penggunaan Media Baru di Kalangan Generasi Millenial.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF dan R&D (p. 336).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. 15 No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/238237-penggunaan-media-sosial-oleh-digital-nat-d9750e4c.pdf
Utami, A. H. (2021). Media Baru dan Anak Muda: Perubahan Bentuk Media Dalam Interaksi Keluarga.
Wahana, H. D. (2015). PENGARUH NILAI-NILAI BUDAYA GENERASI MILLENNIAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KETAHANAN INDIVIDU (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta).
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why People Use Social Media: A Uses and Gratifications Approach. 16 No. 4. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial. ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC%0APerubahan