VARIASI BAHASA SAPAAN JUAL BELI PEDAGANG DI PASAR SANGUMPAL BONANG PADANGSIDIMPUAN KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Main Article Content

Ilham Sahdi Lubis Riski Suryani Santi Toras Barita Bayo Angin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan variasi bahasa sapaan yang digunakan pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan dan 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang melatar belakangi penggunaan variasi bahasa sapaan di Pasar Sangumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Objek penelitian ini adalah variasi bahasa (penjual dan pembeli) dan dianalisis kajian Sosiolinguistik yang terkandung dalam variasi bahasa sapaan di pasar sangkumpal bonang. Informan peneliti merupakan subjek, responden atau orang yang ditentukan menjadi narasumber bahan penelitian memberi informan dan membantu peneliti sampai tahap penyediaan data.Kriteria yang harus dipenuhi sebagai informan. Pengumpulan data merupakan teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber dengan menggunakan banyak waktu.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang dapat digunakan untuk mengetahui validitas data, yaitu: Teknik trianggulasi, Pengecekan kebenaran informasi kepada para informan yang telah ditulis oleh peneliti dalam laporan penelitian, Akan mendiskusikan dan menyeminarkan dengan tema sejawat di jurusan tempat penelitian belajar termasuk koreksi di bawah para pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Lubis, R. Santi, and T. Bayo Angin, “VARIASI BAHASA SAPAAN JUAL BELI PEDAGANG DI PASAR SANGUMPAL BONANG PADANGSIDIMPUAN KAJIAN SOSIOLINGUISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 457-464, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Almanshur Fauzan, Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian kualitatif, JogJakarta: Ar‐Ruzz Media Akhmad Sudrajat ( 2010 ). “Manajemen Peserta Didik”. Akhmadsudrajat. wordpress.com/manajemen peserta didik.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chaer & Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Hariadi, Try. 2014. “Jurnal Pendidikan Bahasa”. “Penggunaan Bahasa dalam Transaksi Jual Beli di Warung “Bude Sarmi” Jalan Surya Utama Jebres Surakarta”. (3) (2).
Malabar,Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideal Publishing
Malbar, Sayama.2014. Sosiolinguistik.Gorontalo. Ideas Publishing.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Prawira, Asa Aga. 2013. Variasi Bahasa Sapaan Pedagang Pasar Klitikan Di Semanggi Surakarta.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Waridah. (2015). “ Jurnal Simbolika”. “Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya”. (1). (1).
Wijana & Muhammad Rohmadi.2010. Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Wulandari, Catur dkk. Bahasa Pedagang Ikan di Pasar Panorama Bengkulu “Kajian Sosiolinguistik”.