PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAAKFKB TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA AKHIR FKB

Main Article Content

Natasya Puspita Sari Nofha Rina

Abstract

Di era 4.0 ini, media digital berkembang dengan pesat diiringi dengan pengguna perangkat teknologi yang semakin meningkat. Salah satu media digital yang paling sering digunakan yakni media sosial. Media sosial memungkinkan seorang pengguna berinteraksi dengan pengguna lainnya secara daring. Instagram menjadi salah satu media sosial yang diminati banyak khalayak karena Instagram menyediakan fitur-fitur menarik yang dapat menunjang para penggunanya dalam berinteraksi. Dengan meningkatnya pengguna Instagram, Layanan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Komunikasi Bisnis (LAAK FKB) di Universitas Telkom memanfaatkan media sosial ini sebagai platform informasi yang ditujukan untuk mahasiswa FKB. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten media sosial Instagram @laakfkb terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa akhir FKB. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner melalui media sosial Instagram, WhatsApp, dan Twitter. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akhir FKB yang mengikuti akun Instagram @laakfkb. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis T. Hasil penelitian berdasarkan teknik analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa konten media sosial Instagram @laakfkb berpengaruh secara signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa akhir FKB. Konten media sosial (X) memberikan pengaruh sebesar 54,9% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y) mahasiswa akhir FKB, sedangkan sisanya sebesar 45,1% merupakan pengaruh dari faktor lain yakni adanya grup diskusi LAAK FKB di media sosial Telegram.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Sari and N. Rina, “PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAAKFKB TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA AKHIR FKB”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 470-474, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Department, S. R. (2021). Statista.
Fauziyyah, S. N. (2020). Pengaruh Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers [Universitas Telkom]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/
Ginting, C. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Online Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Survei Pada Followers Akun Instagram @medantalk) [Universitas Telkom]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/
Gunarto, M. (2017). Tranformasi Data Ordinal ke Interval dengan Method Of Successive Interval (MSI). Researchgate.
Gunawan, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan. Jurnal Pari, 3(1), 49–52.
Gunawan, A. I., Amalia, F., Senalasari, W., & Gaffar, V. (2021). Pengukuran Aktivitas Pemasaran pada Media Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 133–142.
Lienanta, S. (2020). Pengaruh Konten Media Sosial@ haus. indonesia terhadap Brand Image. Universitas Multimedia Nusantara.
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9.
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.
Musfiyah, M., & Christiani, L. (2020). Pemanfaatan Line Today terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(4), 425–439.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers.
Puspitadewi, I., Erwina, W., & Kurniasih, N. (2016). Pemanfaatan “Twitter Tmcpoldametro” dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi \& Perpustakaan, 4(1), 21–28.
Putra, Y. M., & Harsono, L. D. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tugas akhir (Survei terhadap followers@ TA\_FEB). EProceedings of Management, 2(1).
Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231–237.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. 335.
Social, W. A. (2021). Digital 2021 Global overview report. Digital 2021 Global Overview Report.
Solis, B. (2010). Engage: The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. John Wiley \& Sons.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Trimurti, A. E. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pemahaman Teknik Fotografi Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 11 Semarang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/32643/1/1102414049.pdf
Vera, N. (2016). Komunikasi massa. Bogor: Ghalia Indonesia.