ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING SKIN GAME DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM

Main Article Content

Wibiana Subrata Fajriandria Amalia Djuwita

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana strategi digital marketing yang dilakukan oleh Skin Game dalam membangun brand awareness melalui Instagram. Pada era serba digital saat ini seluruh kegiatan dilakukan serba digital, tentu hal ini tidak luput dari perhatian Skin Game. Banyaknya brand skincare lokal membuat Skin Game harus terus berupaya untuk dapat disadari dan dikenali kehadirannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori digital marketing dari Eun Young Kim dan brand awareness dari Kotler. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa straregi digital marketing yang dilakukan oleh Skin Game meliputi interactive yaitu membangun hubungan yang baik dengan pengikut di Instagram, incentive program yaitu membentuk komunitas, site design yaitu menyajikan design yang menarik, dan cost yaitu efektivitas biaya dapat membangun brand awareness yang memiliki empat tingkat yaitu brand unaware yaitu Skin Game melakukan pengenalan melalui Instagram dan melakukan campaign, brand recognition yaitu Skin Game melakukan campaign agar publik menyadari kehadirannya dan mempertahakan ciri khas Skin Game seperti design konten dan packaging, brand recall yaitu Skin Game melakukan pendekatan dan terus mempertahankan konsumen yang pernah melakukan pembelian serta meningkatkan komunikasi, top of mind yaitu Skin Game melakukan pemeliharaan terhadap kualitas dari produk mereka dan tetap menjaga komunikasi dengan konsumen.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Fajriandria and A. Djuwita, “ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING SKIN GAME DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 487-491, Aug. 2022.
Section
Artikel

References

Adani, M. R. (2021). Strategi Pemasaran Produk yang Tepat dengan Internet Marketing. Sekawan Studio. internet
Astutik, M. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA Mega Astutik Puput Wanarti Rusimamto. 05, 107–114.
Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. 3(2), 95–107.
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64.
http://repository.stei.ac.id/2172/4/BAB%20III.pdf (diakses pada 10 April 2022)
http://repository.uin-suska.ac.id/14728/8/8.%20BAB%20III__2018808ADN.pdf (diakses pada 12 April 2022)
http://repository.upi.edu/10008/3/t_ptk_0705206_chapter3.pdf (diakses pada 12 April 2022)
https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-06-BAB-III-20200323090004.pdf(diakses pada 13 April 2022)
http://repository.stei.ac.id/2172/4/BAB%20III.pdf (diakses pada 2 Agustus 2022)
Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi (Revisi). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Muslim. (2016). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85.
https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654
Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy : an integrated approach to online marketing (1st ed.). Kogan Page.
Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. 1(1).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). 3.
Ramadhan, A. A. R., & Dianita, I. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran ORBITGear Pada Media Sosial Instagram Dalam Membangun Brand Awareness.
Rapitasari, D. (2016). DIGITAL MARKETING BERBASIS APLIKASI SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN APPLICATION BASED DIGITAL MARKETING AS A STRATEGY TO IMPROVE CUSTOMER SATISFACTION CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Cakrawala (E-. 10(2), 107–112.
Riau, P., & Yurirahmadhanigmailcom, E. (2017). Www.tripriau.com dalam membangun. 4(1), 1–15.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
Tanujaya, C. (2017). PERANCANGAN STANDART OPERATIONAL PROCEDURE PRODUKSI PADA PERUSAHAAN COFFEEIN. 2(April).
Yunus, U. (2019). DIGITAL BRANDING : TEORI DAN PRAKTIK (N. S. Nurbaya (ed.); 1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.