PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menerapakan model discovery learning berbantuan video Animasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Swasta di Gresik. Pengambilan data dilakukan pada kelas VIII A dengan siswa berjumlah 31 orang. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis (pretest-posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respons. Pada penelitian ini didapatkan hasil persentase rerata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan satu sebesar 89% dan pada pertemuan kedua sebesar 93% yang dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa dalam uji normalitas sebesar 0,522 yang berarti terdistribusi normal, hasil rerata nilai pretest sebesar 52,58 dan posttest sebesar 83,87 memperlihatkan perbedaan kenaikan dan rerata yang signifikan, hasil N-gain sebesar 0,68 termasuk ke dalam kriteria sedang. Berdasarkan dari kriteria N-gain per siswa, sebanyak 17 siswa (61,29 %) mengalami peningkatan sedang, 12 siswa (38,70 %) mengalami peningkatan tinggi dan 2 siswa (4,16) mengalami kenaikan rendah. Kemudian respons siswa selama mengikuti pembelajaran memberikan respons positif dengan rerata kategori sebesar 82,77 %. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning dengan bantuan video animasi membantu memvisualisasikan materi sistem pencernaan manusia yang tergolong bersifat abstrak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
References
Aprilia, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 246-247.
Astuti. (2009). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar ditinjau dari kreatifitas belajar. 15.
Atika, D., Nuswotati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar KImia Siswa SMA.Jurnal Inovasi Pendidikan KImia, Vol 12/2 , 2149-2158.
Baransano, A. (2017). Penerapan Model picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi pada manusia dikelas XI IPA SMA Kristen Yayasan Anu Beta Tubat (Yabt) Manokwari. FKIP UNIPA Manokwari: Skripsi Mahasiswa pendidikan biologi.
Chotimah, H. (2009). Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan . Yogyakarta: Ombak.
Cimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61-71.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Firda Hariyanti, A. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika.Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny , 353-356.
Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand- student survey of mechanics test data for introductory physic courses. . American Journal Of Physics, 64-66.
Hardini, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkretuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Mitra Pendidikan, 549 - 550.
Hariyanti, F. (2016). Model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan. seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, 353-356.
Istiqomah, S. M. (2013). Sukses Uji kompetensi guru. malang : dunia cerdas.
Jayawardana, H. B. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital.Jurnal Bioedukatika, 12 - 17.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kemendikbud.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2013. Tentang Kurikulum. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk meningkatkan Kreativitas. Surabaya : Unesa.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dsar Perkhasa, 2(1), 90-91.
Mayer, R. E. (2017). cognitive theory of multimedia learning. Cambridge: cambride University Press.
Nugroho, F. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Bermuatan Karakterterhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema pahlawannku sd negeri 01 pagergunung tahun 2014/2015 . Semarang.
Pappas. (2014). The Discovery Leraning model. Instructional design models and theories, p., 13.
Rahmayani Aprilia, J. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 246-247.
Rahmi, Y. &. (2014). The Use of Discovery Learning Strategy in Teaching Reading Report Texts to Senior High School Students. JELT, 179-188.
Restuati, R. G. (2016). Perbandinganhasil Belajarsiswa Yang Diajar Dengan Model Problem Based. JURNAL PELITA PENDIDIKAN, 121-122.
Savitri, K. (2020). Efektivitas Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Visual Siswa Kelas IV SD.Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 46–58.
Sugiyanto1, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Education and Learning, 354 -355.
Supradnyana, K. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Susanto, P. (1999). Strategi Pembelajaran Biologi. Malang: Surya Pena.
Syupriyanti1, L. F. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Penggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243.
Wang, Z. (2015). An Analysis on the Use of Video Materials in College English Teaching in china. International Journal of English Language Teaching, Vol.2/1 , 23-28.