PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD KELAS 2

Main Article Content

Istianatur Rahmah Agung Lukito Wiryanto Wiryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukomenghasilkan perangkat pembelajaran Pecahan berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkat kreativitas siswa kelas 2 SD. Model pengembangan perangkat pembelajaran0menggunakan model Plomp yang meliputi 5 tahap, yaitu: (1) Investigasi awal, (2)0Desain, (3) 0Realisasi/Konstruksi, (4) Tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) Implementasi. Uji coba perangkat dilaksanakan di SDN Kedungdoro II/307 Surabaya Tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas 2A sejumlah 9 siswa dan kelas 2B sejumlah 9 siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 2. Valid ditunjukan dari hasil validasi pada saat bimbingan dengan pembimbing, perangkat pembelajaran sudah diperbaiki berdasarkan saran revisi dari pembimbing. Pembimbing menyebutkan bahwasannnya perangka pembelajaran untuk hasil pengembangan ini valid dan layak untuk digunakan, dengan catatan sedikit perbaikan dan revisi. Praktis dibuktikan dari kegiatan-kegiatan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terlaksana seluruhnya dengan baik karena aktivitas siswa sesuai dengan kegiatan yang dirancang dalam RPP. Hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa dinilai “sangat baik”. Efektif dibuktikan dari respon siswa positif terhadap pembelajaran dan kreatifitas siswa telah meningkat. Respon siswa dinilai “sangat kuat” serta dari uji Shapiro Wilk dan N Gain pada nilai prettest dan postest siswa menunjukan adanya peningkatan terhadap kreativitas siswa pada kategori “tinggi”.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Rahmah, A. Lukito, and W. Wiryanto, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD KELAS 2”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 591-597, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya.
Arends, R.I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. McGraw-Hill.
Basadur, M. M. A. R & Luis A. V. (2000). Understanding How Creative Thingking Skills, Attitudes and Bahaviors Work Together A Causal Process Model. The Journal of Creative Behaviour, 34(2), 76-100. DOI: 10.1002/j.2162-6057.2000.tb01203.x
Choppin, B. H., & Neville, T. (1970). Evolution in Education. Volume 1. https://books.google.co.id/books?id=hCG0BQAAQBAJ&pg=PA123& lpg=PA123&dq
Diaz, J. P. (2017). Problem Solving as a Profesional Development Strategy for Teacher: A Case Study With Fractions. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education. 13(3), 987-999. https://doi.org/ 10.12973 /Eurasia.2017.00653a
Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta
Erikawati. (11 Desember 2020). Menemukan Kreativitas Anak Dalam Merdeka Belajar di Kelas 2 SD. Ayo Guru Berbagi. Kemendikbud.go.id
Febriani, S., Sudomo, J., & Setianingsih, W. (2017). Development of Student Worksheet Based on Problem Based Learning Approach to Increase 7th Grade Student’s Creative Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 1(1), 10-13
Grossman, P., & Thompson, C. (2008). Learning from Currilculum Materials : Scaffolds For New Teachers? Teaching and Teacher Education, 24, 2014-2026.
Hiltz, S. R., & Meinke, R. (1989). Teaching Sociology in a Virtual Classroom. Teaching Sociology, 17(4), 431-446.
Jamail, S., Nor H. I., Johari S. (2020). Problem Based Learning on Creativity Domain in Problem Solving for Secondary School: A systematic Literature Review Analysis. Europe Journal of Moleculer and Clinical Medicine, 7(6).
Keneddy, L.M., & Tips, S. (1994). Guiding Children’s learning of Mathematics. Wadsworth Publishing Company.
Kusumaningrum, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X [Tesis magister tidak dipublikasikan]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas dan keberbakatan. Gramedia.
Nieveen, N., Akker, van J.D., Manbe, R., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher.
Okigbo, E. C. & Osuafor, A. M. (2008). Effect of using Mathematics Laboratory in Teaching Mathematics on the Achievement of Mathematics Students. Educational Research and Review, 3(8), 257-261.
Permendikbud no 23 tahun 2016
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano. v9i1.12473.
Prasetyo, Z. K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP [Tesis magister tidak dipublikasikan]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rochmad. (2012). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 3(1).
Ruseffendi, E.T. (2004). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Tarsito.
Rusman. (2014). Model-model Pengembangan Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada.
Saharuddin. (2014). Memperkenalkan Konsep Dasar Pecahan Dengan Model Jerome Bruner. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 6(2).
Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60-68.
Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6 (7), 548-553.
Sultan, A., & Artzt, A. F. (2011). The mathematics that every secondary school math teacher needs to know. Routlege.
Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta
Sternberg, R. J., & Wendy, M. W. (1996). How to Develop Student Creativity. Association for Supervision and Curriculum Development.
Sternberg, R. J. (1999). Handbook of Creativity. Cambridge University Press.
Tan, S., Zou, L., Wijaya, T. T., & Dewi, N. S. S. (2020). Improving Student Creative Thinking Ability With Problem Based Learning Approach Using Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal On Education. 2(4), 303-312.
Taruh, E. (2003). Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Kaitannya dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 15-29.
Uno, H. B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara
Usman, M. U. (1997). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosda Karya
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), I(1), 79-90.
Walle, J. A. van de, Karp, K. S., & Williams, J. M. B. (2015). Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally. Pearson Education.
Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKPD) Sebagai Bahan Ajar. PPPPTK Matematika.