PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Main Article Content

Mifta Ismayanti Masriyah Masriyah Siti Khabibah

Abstract

Aljabar merupakan materi yang penting dalam pelajaran matematika maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian tentang pengajaran dan pembelajaran aljabar dengan jelas menunjukkan perlu mempelajari perkembangan berpikir aljabar siswa dari waktu ke waktu, Berpikir aljabar adalah aktivitas mental untuk beroperasi pada pembentukan generalisasi dari pengetahuan dengan bilangan dan komputasi, memformalkan beragam gagasan dengan memakai sistem simbol yang bermakna dan mengeksplorasi konsep pola suatu fungsi seolah-olah sebagai kuantitas yang diketahui. A large number of researchers investigated the nature of algebraic thinking. Many of them focused on what individuals do and in what way their abilities for generalizing and using symbols develop”. Proses penyelesaian masalah tidak selalu berjalan lancer sesuai keinginan.Siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah terlalu sering, khususnya masalah matematika.Keadaan ini disebabkan perbedaan kemampuan dan daya juang menyelesaikan masalah yang dimiliki masing-masing individu. Tiap individutersebut akan bertanya apakah ia akan menyerah atau menaklukkan kesulitan tersebut atau terus berjuang untuk mengatasi kesulitan tersebut. Setiap siswa memiliki kemampuan dalam mengatasi kesulitan yang berbeda-beda. Keadaan ini memberikan akibat yang berbeda ketika siswa menyelesaikan masalah matematika khususnya pada siswa sekolah menengah pertama. Dalam memecahkan masalah matematika, proses berpikir aljabar sangat penting untuk diketahui bagi pendidik agar dapat mengelola belajar dengan baik demi keberhasilan siswa, sehingga perlu dicari berpikir Aljabar siswa SMP ketika menyelesaikan masalah matematika.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ismayanti, M. Masriyah, and S. Khabibah, “PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 598-602, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Booker, G. (2009), Algebraic Thinking: generalising number and geometry to express patterns and properties succinctly in Martin, D., Fitzpatrick, T., Hunting, R., Itter, D., Lenard, C., Mills, T. & Milne, I (Eds) Mathematics of prime importance, Mathematical Association of Victoria, Brunswick Victoria.10-21
Cai, J., B, Nie. (2011). Examining Students’ Algebraic Thinking in a Curricular Context: A Longitudinal Study. USA: Springer. pp 161-184 Eysenck, M.W. (1993). Principles of Cognitive Psycology. Trowbridge:Redwood Books.
Kamol, N (2005). A Framework for Characterizing Lower Secondary School Student’s Algebraic Thinking. Doctoral dissertation. Srinakharinwirot University.
Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in The Early Grades:What is it? Universite Du Quebec A Montreal, Montreal, Quebec. The Mathematics Educator, Volume 8. Number 8. Page 139-151.
Mac Gregor, M. and Stacey, K. (1993). Cognitive Models Underlying students’ [5]formulation of simple equations. Journal for Research in Mathematics Education 24(3), 217-232.
National Council of Teachers of Mathematics.(2000). Principles and Standards for Teaching Mathematics. Reston, VA: Author.Pantazi, D.P., Chimoni, M. &Christou, C. (2019). Different Types of Algebraic Thinking an Empirical Study Focussing on Middle School Students: International Journal of Science and Mathematics Education. Published Online. Doi: 10.1007/s10763-019- 10003-6
Walle, V.D., William, B. JM., & Karp, KS. (2013). Mathematics Teaching Developmentally: Elementary And Middle School Mathematics, Eighth Edition. Boston: Pearson.
Watson, A. (2009). Key Understanding in Mathematics Learning (Paper 6: Algebraic Reasoning). University of Oxford: Inggris.