KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF KH. SAIFUDDIN ZUHRI

Main Article Content

Rifqi Hawari Imam Sukardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan anak dalam keluarga perspektif KH. Saifuddin Zuhri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur dengan analisis data deskriptif analitis. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan studi kepustakaan yang sesuai dengan bahasan serta melakukan wawancara yang diperlukan untuk melengkapi data dengan beberapa informan. Langkah selanjutnya adalah mereduksi data yang diperoleh, menganalisisnya dan memperoleh kesimpulan sesuai fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak sebagai pendidikan yang meletakan dasar-dasar fundamental yang berimbang dalam pembentukan kecerdasan berfikir, keluhuran akhlak, dan kesehatan tubuh. Dalam konsep pendidikannya, KH. Saifuddin Zuhri menyatakan bahwa terdapat empat metode pendidikan anak dalam keluarga, diantaranya adalah perhatian, keteladanan, nasehat, dan pembiasaan. Konsep pendidikan anak dalam keluarga ini masih relevan dengan pendidikan saat ini. Jika diterapkan dengan optimal dan ideal dapat menjadikan anak yang benar-benar berkualitas baik dalam bidang ilmu pengetahuan, budi pekerti, akhlak, maupun kemampuan sosialnya. Sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Hawari and I. Sukardi, “KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF KH. SAIFUDDIN ZUHRI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 113-120, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Anonim. 1993. “Pendidikan Usia Sejak Dini Hingga Masa Depan Tinjauan Islam Dan Permasalahnnya.” in Training and Education of Children. Jakarta: Al-Firdaus.
Azwar, Saifuddin. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Budi. 2021. “Biografi Prof. KH. Saifuddin Zuhri.” Laduni.ID: Indonesia Mercusuar Dunia. Retrieved March 19, 2022 (https://www.laduni.id/post/read/58589/biografi-prof-kh-saifuddin-zuhri).
Daradjat, Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghafur, Muhaimin Abdul. 1998. “KH. Saifuddin Zuhri: Eksistensi Agama Dalam Nation Building.” in Menteri-Menteri Agama RI: Biografi Sosial Politik. Jakarta: PPIM.
Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.
Langgulung, Hasan. 1989. Manusia Dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Alhusna.
Newsroom, Narasi. n.d. Kenapa Remaja Bertengkar, Bahkan Ada Yang Bermusuhan Dengan Orang Tuanya? Indonesia.
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
RI, Deparetemen Agama. 2014. Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemah. Bandung: Penerbit Diponegoro.
Shidiq, Rohani. 2015. KH. Saifuddin Zuhri Mutiara Dari Pesantren. Tangerang: Pustaka Compass.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi: Sebuah Pendekatan Kuantitatif Dilengkapi Dengan Contoh Proposal Dan Hasil Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Untung, Moh. Slamet. 2018. Sejarah Sosial Pesantren Menurut Prof. KH. Saifuddin Zuhri. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Wahid, Farida Salahuddin. 2022.“Dalam Wawancara Dengan Putri KH. Saifuddin Zuhri.”
Wahyudi, W. Eka. 2018. Mendidik Kader Bangsa: Nasioanalis Religius. Cet. I. Jombang: Pustaka Tebuireng.
Zuhri, Saifuddin. 1983a. Kaleidoskop Politik Di Indonesia. Jilid 2. Jakarta: PT. Gunung Agung.
Zuhri, Saifuddin. 1983b. Secercah Dakwah. Bandung: al-Ma’arif.
Zuhri, Saifuddin. 2008. Guruku Orang-Orang Dari Pesantren. Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.
Zuhri, Saifuddin. 2013. Berangkat Dari Pesantren. Yogyakarta: LKis.