IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA (Studi Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa Universitas Tanjungpura)

Main Article Content

Indri Astuti Luhur Wicaksono Sri Maryuni Amallia Putri

Abstract

Tujuan penelitain ini mengidentifikasi permasalahan mahasiswa Universitas Tanjungpura sebagai informasi awal dalam pengembangan program-program kegiatan pada Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling (PLBK). Bentuk penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui masalah mahasiswa secara aktual. Instrumen penelitian ini menggunakan Inventori Ungkap Masalah Mahasiswa (IUMM). Aspek-aspek yang diidentifikasi meliputi: Komponen Internal (KI), dan Komponen Eksternal (KE). Sumber data mahasiswa sejumalh 100 orang dari 9 fakultas dilingkungan Universitas Tanjungpura. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan masalah mahasiswa kategori rendah. Temuan ini mengisyaratkan mahasiswa dapat mengenali dan mengendalikan masalah akademik dan non akademik yang dialaminya. Untuk itu gambaran permasalahan mahasiswa dapat digunakan sebagai analisis kebutuhan untuk menyusun program pusat layanan bimbingan dan konseling Universitas Tanjungpura.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Astuti, L. Wicaksono, S. Maryuni, and A. Putri, “IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA (Studi Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa Universitas Tanjungpura)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 643-649, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Astuti, Indri. 2019. The Implementation of ADDIE Model in Developing Career Guidance Program In Senior High School. JETL Vo; 4 No1 Maret 2019 p-ISSN:2477-5924 e-ISSN:2477-8478 hal 174-179
Astuti, Indri. 2020. Subkultur dan Faktot-faktor Biografis Mahasiwa dalam Kehidupan di Perguruan Tinggi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 34 Issue. April 2020 p-ISSN:1441-5255 e-ISSN:2581-2297
Astuti, Indri., Hastiani. 2022. Student Emphaty Resilience Design Model in Group Counceling Learning. Jurnal Bibliokonseling.Vol 5. No 1 Desember 2022 e-ISSN 2620-3103
Hardianto. 2014. Identifikasi Permasalahan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pangaraian. Jurnal Ilmiah Edu Research. Desember 3 (2): 81 – 88. (Online). Diakses, 19 April 2021
Hariyanti, Dewi., Haq, Arinal., dan Hidayat, Nurul. 2020. Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi secara Daring selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. 1 (1): 11 – 21. (Online). Diakses, 19 April 2021.
Hartaji, DamarA.2012.MotivasiBerprestasiPada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.(tidakditerbitkan).
Mayora, Julia., Basyir, Nasir M., dan Zuliani Hetty. 2016. Identifikasi Masalah Belajar Mahasiswa Papua di Universitas Syah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 1 (2): 48 – 56 (Online), diakses tanggal 19 April 2021.
Yusuf,Syamsu.2012.PsikologiPerkembanganAnak danRemaja.Bandung: RemajaRosdakarya.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juntika A. 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiono. 2015 Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta