PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUALPEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUKMENINGKATKAN KOSAKATA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Winarti Winarti Aunurrahman Aunurrahman Y.Gatot Sutapa Y Indri Astuti Aloisius Merin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual pembelajaran Bahasa Inggris yang juga berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam peningkatan penguasaan pembelajaran kosakata bahasa Inggris.Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan bidang pendidikan dengan pengembangan desain produknya mengacu pada model pembelajaran dengan pendekatan system Dick and Carey. Profil produk menggunakan Aplikasi Mit App Inventoryaitu aplikasi yang dapat digunakan dan dioperasikan melalui android. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan peserta didik dapat menggunakannya berulang kali. Hasil uji coba yang telah dilakukan oleh pengembang kepada peserta didik dalam rangkaian uji coba pada kelompok kecil, kelompok sedang, dan kelompok besar mampu mendapatkan respon yang baik. Hasil data postest keseluruhan kelompok, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan 96.43%. Hal ini telah menunjukkan bahwa media yang digunakan berpengaruh terhadap capaian hasil belajar.Upaya peningkatan hasil belajar khususnya penguasan kosakata termasuk dalam kriteria interpretasi sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Winarti, A. Aunurrahman, Y. Sutapa Y, I. Astuti, and A. Merin, “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUALPEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUKMENINGKATKAN KOSAKATA PESERTA DIDIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 657-663, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

5. DAFTAR PUSTAKA
AECT Standards, ( 2012), versionAdopted by the AECT Board of Directors
Atwi Suparman. (2014), Metode Penelitian Pengembangan Model, Mataram
Atwi Suparman, (2019), Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Jarak Jauh, Universitas terbuka
Aunurrahman, (2019), Penelitian Kualitatif dan pengembangan, Pontianak: Fahruna Bahagia Press
Azhar Arsyad, (2019), Media Pembelajaran, Divisi buku Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Barbara B.Seels dan Rita C.Richey, (1994), Teknologi Pembelajaran(Instructional Technology), Washington, DC, Association for Educational Communications and Technology
Benny.A.Pribadi., (2010), Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat
Bruce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun, (2016), Models Of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto, Syaiful karim, (2017), Pembelajaran Abad 21, Yogyakarta: Gavamedia
Dian Lestari, dkk. (2012).The English Patterns of English Grammar. Kresna English Language Institute. Planet English Program
Dick and Carey, (2015) The Systematic Design of Instruction, United States: Pearson
Dimyati., Mujiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kerjasama DEPDIKBUD dan PT.Rineka Cipta
Eko Putro Widoyoko. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran Disekolah. Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Elly. D.P.& Plomp, Tjeerd. (1998). Classic Writings on Instructional Technology. Colorado: Libraries Unliraited, Inc.
Gredler.M.E, (2005), Learning Theories and Instruction: Theory into Practice. Upper Saddle River. NS: Merrill / Prentice Hall
Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.
Kokom, Komalasari, (2017). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT.Refika Aditama
Kristin Natalina, (2018), Vocabulary Learning Strategies Used by Junior High School Students, Indonesian Journal of English Language Studies:Volume 3
Miftahul Huda, (2019), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran; Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar