ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

Main Article Content

Deka Maita Sandi Ali Yusron

Abstract

Penelitian ini mengkaji pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah dalam pembelajaran tatap muka pasca belajar daring di SMA Negeri 2 Lubuk Sikaping. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi, serta upaya meningkatkan pelaksanaan evaluasi. Penelitian mengadopsi pendekatan kualitatif berbasis metode deskriptif. Sumber data dihimpun dari sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data berorientasi pada teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan evaluasi pembelajaran sejarah pasca pembelajaran daring dilaksanakan mengacu pada prosedur evaluasi pembelajaran meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan, pelaporan, maupun pemanfaatan hasil evaluasi. Faktor pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi kompetensi guru, kondisi intern siswa, dan ketersedian sumber belajar, sedangkan faktor penghambat terkait jumlah kelas dan siswa yang ditangani guru, keterbatasan alokasi waktu, dan kepedulian orangtua. Upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan membangun sinergi guru dan orangtua siswa, pengembangan asesmen alternatif, dan dukungan kepala sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sandi and A. Yusron, “ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 664-668, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Saputra, Mochammad Ronaldy Aji. “Efektifitas Pembelajaran Sejarah Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Belajar Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Secondary, Vol.1, No.3, 2021
Maleong, Lexy J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mardiah, Raudhatul. “Analisis Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pada Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi”, Jurnal Al-Thariqah, Vol. 8, No. 2, 2021
Nissa, Siti Faizatun. (2021). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pada Sistim Belajar Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19, Tesis, Malang: UIN Malik Maulana
Yuliani. “Problematika Pembelajaran Sejarah Daring dan Solusinya Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2020-2021”, Civic Education and Social Sciense Jounal (CESSJ), Vol.2, No.2, 2020
Soegijopranata. (2020). Refleksi Pembelajaran di Masa Pandemi, Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wahyono & Husamah. “Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi”, Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol.1, No.1, 2020