IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

Main Article Content

Muhamad Khoirur Roziqin Ilham Wamut Hasbullah

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang krisis terbesar didunia saat ini adalah krisis keteladanan atau uswah. Krisis ini jauh lebih dahsyat dari krisis energi, kesehatan, pangan, dan lainnya. Peran ulama dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam mengatasi krisis pendidikan yang terjadi. Kitab Ta’lim al-Muta`allim yang memiliki porsi sebagai referensi bagi seorang pendidik dan peserta didik, maka dengan hal ini peneliti menentukan pilihan yakni pondok pesantren Tambakberas Jombang (Al-Hikmah) sebagai representasi dalam ruang kajian penelitian ini.  Tujuan penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Ta’lim al-Muta’allim dalam membina akhlak santri. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitiannya adalah (1) Implementasi kandungan kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam membina akhlak Santri kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum (Al-hikmah) Tambakberas Jombang adalah, santri  tidak  pernah meninggalkan Shalat lima waktu, Bahkan melaksanakannya dengan berjama’ah ,melaksanakan Shalat sunnah seperti, Shalat dhuha bersama-sama sebelum berangkat ke sekolah, Shalat tahajjud, berdzikir, tahlil, burdah., berdo’a ketika hendak belajar,(2) Implementasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam membina akhlak Santri kepada ustadz dan (guru) di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum (Al-Hikmah) Tambakberas Jombang, sopan terhadap gurunya, tidak berjalan di depannya, tidak duduk di tempat duduknya, tidak memulai percakapan dengannya kecuali seizinnya, tawaddhu’, ta’at dan hormat

Article Details

How to Cite
[1]
M. Roziqin and I. Hasbullah, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 121-127, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Baihaqi, M., & Hidayati, B. M. R. (2020). Pengaruh Pengajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Terhadap Perilaku Tadzim Peserta Didik. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(1), 35–49.
Ghani, M. Z. (2013). Pendidikan Aqidah dan Akhlak dalam Perspektif. Tashwir, 1(1), 63–72.
Herawati. (2017). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124–136.
Iwan. (2013). Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Berkarakter. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(1), 1–26.
Marlina, M., Suhartono, S., Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Sikap Tawadhu’Siswa MA Nurul Huda. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 66–74.
Nasihin, K. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Az-Zarnuji. Tarbawi: Jurnal Stusi Pendidikan Islami, 6(2), 102.
Rachman, T. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Alquran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Sholeh, S. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 55–70. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).618
Syofrianisda. (2018). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (Studi Kritis terhadap Surat al-Hujarat ayat 11- 13 dalam Kitab Tafsir al-Misbah Karangan Muhammad Quraish Shihab). HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 247–277.