EFEKTIVITAS KERJA: PEMERINTAH DESA DALAM MENGELOLA DANA DESA

Main Article Content

Arif Purnomo Budi Setiyono Yuwanto .

Abstract

Efektivitas Pengelolaan Dana Desa merupakan sebuah kemapuan pemerintah desa didalam melaksanakan tugas dan fungsi mengelola dana desa agar tujuan dapat tercapai. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meneliti dan menjelaskan efektifitas pengelolaan dana desa oleh Pemerintah Desa Modang Mas, Kecamatan Mentobi Raya, Kabupaten Lamandau. Pertimbangan yang mendasari penelitian ini yakni pemerintah desa modang mas rutin menerima penyaluran dana desa dari pemerintah pusat untuk digunakan oleh pemerintah desa sesuai dengan susunan-susunan program yang telah dilaporkan. Pada jurnal yang ditulis penulis menerapkan model teori efektivitas kerja dalam (Kurniawan, 2005) yaitu efektivitas kerja merupakan bentuk atas mampunya menjalankan tugas, fungsi (menjalankan sistem yang terprogram dalam misi) berdasarkan sistem lembaga atau institusi dengan cara yang disiplin dan profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas pengelolaan dana desa di Desa Modang Mas sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan kejelasan tujuan untuk pembangunan dan pemberdayaan, strategi untuk mencapai tujuan yang digunakan melibatkan masyarakat, perencanaan yang dilakukan atas dasar tujuan bersama serta penyusunan program dituliskan padarencana kerja pemerintah desa. Adapun faktor yang mendukung yaitu dana desa menjadi pemasukan bagi desa, kerjasama antar lembaga desa, keterlibatan masyarakat, unggulnya Sumberdaya aparatur desa dan akses jaringan internet sudah memadai.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Purnomo, B. Setiyono, and Y. ., “EFEKTIVITAS KERJA: PEMERINTAH DESA DALAM MENGELOLA DANA DESA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 101-106, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik (Pembaruan). pustaka belajar. https://www.kajianpustaka.com/2020/03/efektivitas-kerja.html
Ravianto. (2014). Produktivitas dan Pengukuran. Bina Aksara.
Sondang dalam Othenk. (2014). Pengertian Efektivitas dan Landasan Teori Efektivitas | Literatur Buku. 27 Desember.
Subroto, A. (2009). Akuntabilitas pengelolaan dana desa. Program Studi Magister Sains Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.