ANALISIS FRAMING BERITA ROOTS DAY SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS BERITA SMP

Main Article Content

Nazar Abdul Rafli Wienike Dinar Pratiwi Roni Nugraha Syafroni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaitkan hasil analisis framing dengan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks berita di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik baca catat. Peneliti membaca teks berita yang menjadi subjek penelitian secara keseluruhan. Lalu hasil bacaan akan dikaitkan dengan empat perangkat framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, yaitu struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Pada ketiga teks berita yang memberitakan roots day, ditemukan keempat perangkat tersebut dalam berbagai unit pengamatan, yaitu pada perangkat sintaksis ditemukan unit judul, lead, latar informasi, penutup, kutipan dan opini, pada perangkat skrip unit pengamatannya adalah 5W+1H dapat ditemukan pada semua teks berita, pada perangkat tematik mengenai unit struktur penulisan teks berita, dan pada perangkat retoris yang unit pengamatannnya adalah kata dan grafis. Setelah itu, hasil penelitian dan unit pengamatan framing akan dikaitkan dengan Kompetensi Dasar (KD) pada teks berita yang memuat 3.1 dan 3.2. Kemudian, hasil relevansi tersebut dapat dijadikan sebuah bahan ajar yang dibutuhkan di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Rafli, W. Pratiwi, and R. Syafroni, “ANALISIS FRAMING BERITA ROOTS DAY SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS BERITA SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 160-167, Dec. 2022.
Section
Artikel
Author Biographies

Nazar Abdul Rafli, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Wienike Dinar Pratiwi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

Roni Nugraha Syafroni, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Alfinalin, B. I., & Sodiq, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Bermuatan Lingkungan Alam dan Sosial dalam Bentuk Majalah untuk Kelas VIII dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(1), 266-266.

Annur, Cindy Mutia. 23 Maret (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. DATABOKS KATADATA. [Online]. Tersedia: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022. Diakses pada tanggal 10 Maret 2022, Pukul 19.00 WIB.

Aulia, W., & Nasution, S. R. A. (2020). Evektifitas Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis CIRC Siswa Sekolah Dasar Simangambat. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 455-455.

Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52-58.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Djuroto. (2005). Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. (2020). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang.

Fatmawati, Nurul. (2021). Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. KEMENKEU. [Online]. Tersedia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html. Diakses pada tanggal 7 April 2022, Pukul 15.00 WIB.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2010). Bullying, cyberbullying, and suicide. Archives of suicide research, 14(3), 206-221.

Karim, A. A. (2022). Identitas Lokal dan Nilai Budaya Bali dalam Kumpulan Naskah Drama Anak Bulan Kuning Karya Anom Ranuara. Sastra dan Anak di Era Masyarakat 5.0 Menguatkan Karakter Nasional Berwawasan Global, 1, 15.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93-101.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Perlawanan Perempuan Bugis dalam Kumpulan Cerita Pendek Ketika Saatnya karya Darmawati Majid. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1-13.

Karim, A. A., & Faridah, S. (2022, May). Transformasi Cerita Rakyat Ronggeng Rawagede Ke dalam Siniar Misteri Dibalik Ronggeng Karawang. Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Karim, A. A., & Meliasanti, F. (2022). Religiositas Alam dalam Kumpulan Puisi Hujan Meminang Badai Karya Tri Astoto Kodarie. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 63-72.

Karim, A. A., Nitam, A., Fadilah, C., Diniar, F., Lestari, I. A., & Falah, N. (2021, October). Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Cerita Rakyat “Hikayat Kampung Hilang, Bakan Jati”. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 1, No. 1, pp. 9-17).

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152-166.

KOMINFO. 1 September (2021). Internet, Primadona Kala Pandemi. [Online]. Tersedia:https://www.kominfo.go.id/content/detail/36448/internet-primadona-kala-pandemi/0/artikel. Diakses pada tanggal 9 Maret 2022, Pukul 10.00 WIB.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Munawaroh, S., Karim, A. A., & Setiawan, H. (2022). Senyapan dan Selip Lidah dalam Acara Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2306-2315.

Munawaroh, H. (2010). Media online sebagai sumber belajar di kalangan mahasiswa. UIN Sunan Kalijaga.

Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2).

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek# ProsaDiRumahAja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1315-1322.

Paramitha, G., & Karim, A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNNIndonesia.com dan Sindonesws.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 376-383. https://doi.org/10.5281/zenodo.6504844

Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3638-3651.

Rismayanti, R. (2020). Framing Berita Perundungan dalam Pemberitaan Media Elektronik sebagai Bahan Ajar Teks Berita untuk Siswa SMP (Analisis Framing Model Robert N. Entman) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sadjati, Ida Malati. Modul 1 Hakikat Bahan Ajar. Tersedia: https://www.google.com/urlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiwycrt3tr1AhUylNgFHWSOBsYQFnoECAUQAQ&url=http%3A%2F%2Frepository.ut.ac.id%2F4157%2F1%2FIDIK4009-M1.pdf&usg=AOvVaw0feD5tgmj7eh-G44iDJLHq. Diakses pada tanggal 02 Maret 2022, Pukul 13.00 WIB.

Setiawan, Iwan. (29 Juli 2020). Media Cetak Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi. BINUS UNIVERSITY. [Online]. Tersedia: https://binus.ac.id/bandung/2020/07/media-cetak-dalam-menghadapi-era-teknologi-informasi/. Diakses pada tanggal 18 April 2022, Pukul 20.00 WIB.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka.