ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMAN 1 KLARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Annisa Istiya Wardani Sinta Rosalina Slamet Triyadi

Abstract

Penelitian ini membahas keterampilan menulis yang berkaitan dengan keterampilan produktif. Keterampilan menulis mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menuangkan ide atau gagasan. Kegiatan menulis dapat dilakukan ketika seseorang mendapat ide, lalu disampaikan melalu tulisan. Ada pun alasan yang melatarbelakangi peneliti memusatkan permasalahan pada keterampilan menulis resensi. Pertama, kegiatan menulis merupakan bentuk keterampilan berbahasa paling akhir, dibanding keterampilan berbahasa yang lain. Kedua, untuk melihat sejauh mana siswa dapat menuliskan resensi berdasarkan konteks yang sudah ditetapkan, yakni menganalisis tulisan resensi dengan berbagai variasi serta memperhatikan aspek-aspek menulis resensi. Metode penelitian menerapakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sejumlah 30 siswa dari SMAN 1 Klari dan objek penelitian keterampilan menulis resensi siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian di antaranya memilih lokasi penelitian; meminta persetujuan penelitian; mengamati subjek penelitian; melakukan wawancara informan; memvalidasi instrumen penelitian; mengambil data; mentraskripsi tuturan ke bentuk tulisan; penyusunan hasil penelitian; dan menyimpulkan keseluruhan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah dapat menuangkan ide atau pendapat terkait hasil bacaan. Nilai KKM bahasa Indonesia di SMAN 1 Klari yakni 70. Rata-rata keterampilan menulis resensi siswa memperoleh kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh dengan kategori baik berada pada nilai 79,5.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wardani, S. Rosalina, and S. Triyadi, “ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMAN 1 KLARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 180-186, Dec. 2022.
Section
Artikel
Author Biographies

Annisa Istiya Wardani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Sinta Rosalina, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

Slamet Triyadi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Daniati, N., Yarmi, G., & Ardiasih, L. S. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD Negeri Kelas V Di Wilayah 3 Kelurahan Pegadungan Jakarta Barat. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 537-543.

Fauzani, M. R., Suharto, V. T., & Irawati, L. (2022). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis resensi cerpen pada siswa Kelas XI SMK. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(1), 1-13.

Hidayat, M. T. (2020). Pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning pada siswa kelas vii smp negeri 1 langsa. Jurnal Samudra Bahasa, 3(1), 45-51.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152-166.

Karim, A. A., Nitam, A., Fadilah, C., Diniar, F., Lestari, I. A., & Falah, N. (2021, October). Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Cerita Rakyat “Hikayat Kampung Hilang, Bakan Jati”. Dalam Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) l (1), 9-17.

Karim, A. A. (2022). Realitas Sosial dalam Novelet Wesel Pos Karya Ratih Kumala. Jelmaan Bunga Karawang: Kumpulan Puisi, Cerpen, Novelet, Esai, 1, 137-143.

Karim, A. A. (2022). Identitas Lokal dan Nilai Budaya Bali dalam Kumpulan Naskah Drama Anak Bulan Kuning Karya Anom Ranuara. Sastra dan Anak di Era Masyarakat 5.0 Menguatkan Karakter Nasional Berwawasan Global, 1, 15.

Karim, A. A., & Faridah, S. (2022). Transformasi Cerita Rakyat Ronggeng Rawagede Ke dalam Siniar Misteri Dibalik Ronggeng Karawang. Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93-101.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Perlawanan Perempuan Bugis dalam Kumpulan Cerita Pendek Ketika Saatnya karya Darmawati Majid. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1-13.

Karim, A. A., & Meliasanti, F. (2022). Religiositas Alam dalam Kumpulan Puisi Hujan Meminang Badai Karya Tri Astoto Kodarie. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 63-72.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). KKBI Daring [online]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kosasih, E. & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E. (2019). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

LISA, M. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Meranti (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak).

Munawaroh, S., Karim, A. A., & Setiawan, H. (2022). Senyapan dan Selip Lidah dalam Acara Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2306-2315.

Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2).

Nuraini, H. R. Kemampuan Menulis resensi cerpen dalam kumpulan cerpen robohnya surau kami dengan teknik pemberian tugas di Kelas XII SMAN 1 Parung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek# ProsaDiRumahAja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1315-1322.

Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11-22.

Paramitha, G., & Karim, A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNNIndonesia.com dan Sindonesws.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 376-383. https://doi.org/10.5281/zenodo.6504844

Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3638-3651.

Rifqiana, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Tantangan Melalui Koreksi Berpasangan Pada Siswa Kelas IX SMP. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 253-257.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Yuliandri, M. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dalam Keterampilan Menulis Puisi Pada Proses Pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).