KETERASINGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL TARIAN BUMI DAN KENANGA KARYA OKA RUSMINI

Main Article Content

Irayatul Munawaroh Tengsoe Tjahjono Kamidjan Kamidjan

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan keterasingan tokoh dalam novel karangan Oka Rusmini khususnya perempuan dengan dirinya sendiri, orang lain, dan masyarakat/kelompok. Fokus penelitiannya meliputi penyebab terjadinya  alienasi/keterasingan terhadap tokoh perempuan dalam novel Tarian Bumi dan Kenanga. Observasi ini merupakan observasi kualitatif, karena memenuhi syarat ilmu pengetahuan atau alami. Pada observasi ini, peneliti turut andil pada saat menyampaikan bentuk keasingan pada perempuan yang ada di suatu karangan. Data observasi ini berupa data-data yang berasal dari novel Tarian Bumi dan Kenanga. Teknik Pengumpulan data yang digunakan memakai teknik pustaka. Observasi ini menghasilkan beberapa point diantaranya yaitu terdapat   tiga unsur keterasingan/  alienasi  sesuai  dengan  konsep  Erich  Fromm dalam pemetaan pada novel Tarian Bumi dan Kenanga. (1) Keterasingan Tokoh dengan dirinya sendiri, (2) Keterasingan Tokoh dengan orang lain, (3) Keterasingan tokoh dengan Masyarakat/Kelompok. Keterasingan tokoh perempuan dari novel Tarian Bumi dan Kenanga didominasi oleh aturan adat serta   kebiasaan yang mengabaikan tokoh – tokoh perempuan.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Munawaroh, T. Tjahjono, and K. Kamidjan, “KETERASINGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL TARIAN BUMI DAN KENANGA KARYA OKA RUSMINI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 3, pp. 713-722, Sep. 2022.
Section
Artikel

References

Aminuddin. 1990. Metode Kualitatif dalam Penelitian Sastra dalam Pengembangan Penelitian Kualitatif Bidang Bahasa dan Sastra. Malang. YA3.
Arivia, Gadis. 2001. Perempuan dan Teknologi Pembebasan? Yayasan Jurnal Perempuan: Jakarta.
Astri. Sukiastuti Yovita. 2009. Motivasi Perpindahan Kasta Brahmana-Sudra dalam Novel Tarian Bumi:Tinjauan Sosiologi Sastra: Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Budiasa. 1997. Konsep Budaya Bali. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. Caps.
Fabiola. 2009. “Pelangi Sastra dan Budaya”. Unesa University Press: Surabaya
Fromm, Erich. 2007. “Cinta, Seksualitas, dan Matriarki: Kajian Komprehensif tentang Gender”. Jalasutra. Yogyakarta.
Fromm, Erich. 1997. “Lari dari Kebebasan”. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Nyoman Ni Rahmawati. 2016. “Perempuan Bali dalam Pergulatan Gender” Kajian Budaya, Tradisi, dan Agama Hindu. Vol 1 No 1: 58-64.
Raharjo, Supratikno. 1998.”sejarah Kebudayaan Bali: Kajian Perkembangan dan Dampak Pariwisata. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI: Jakarta.
Rusmini, Oka. 2007. Tarian bumi. Gramedia Pustaka: Jakarta.
Rusmini, Oka. 2017. Kenanga. Gramedia Pustaka: Jakarta.
Sabari, S Henry. 2008. Dostoevsky Menggugat manusia Modern. Kanisius. Yogyakarta.
Schacht, Richard. 2005. Alienasi: Pengantar Paling Komprehensif. Jalasutra. Yogyakarta.
T.O, Ihromi. 1995. Kajian Wanita dalam Perkembangan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.