KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI TAPANULI SELATAN

Main Article Content

FITRIANI HARAHAP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan se Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed research) dengan metode concurrent embedded, dengan menjadikan metode kuantitatif lebih dominan dari metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah diukur dengan 16 indikator, Hasil uji loading factor semua indikator kompetensi manajerial kepala sekolah berada di atas > 0,50 sehingga semua faktor dapat diikutkan untuk mendukung variabelnya. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan di Tapanuli Selatan Sebanyak 210 orang sampel di ambil secara simple random sampling sebanyak 175 orang. Skor kompetensi manajerial kepala sekolah  sebesar 4,1965 dengan tingkat capaian responden (TCR) sebesar 83,93%. Tingkat capaian responden (TCR) ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi manajerial kepala sekolah berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi dan wawancara kompetensi manajerial kepala sekolah sudah baik, namun ada beberapa terkendala yang dihadapi seperti sarana, prasarana, ekonomi orang tua peserta didik, lokasi sekolah yang agak jauh dari tempat tinggal siswa dan guru-guru sehingga program yang sudah direncanakan terganggu pada tahap realisasinya.

Article Details

How to Cite
[1]
F. HARAHAP, “KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 1, p. 27, Oct. 2018.
Section
Artikel