MOTIVASI DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KEBUN RAYA BEDUGUL PADA MASA PANDEMI

Main Article Content

Ni Luh Kadek Laksmi Wulandani

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 diterapkan kebijakan PPKM di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Bali. Imbas dari kebijakan tersebut adalah berkurangnya kunjungan wisatawan. Menindak hal tersebut, beberapa daya tarik wisata memberikan potongan harga tiket masuk. Namun Kebun Raya Bedugul melakukan hal sebaliknya dengan menaikan harga tiket masuk. Tiket masuk adalah salah satu indikator yang menentukan motivasi berkunjung wisatawan, ketika harga mengalami kenaikan, motivasi berkunjung cenderung akan turun. Namun setelah mengalami kenaikan harga, jumlah kunjungan Kebun Raya Bedugul menempati posisi pertama jumlah kunjungan terbanyak di Kabupaten Tabanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi motivasi dan keputusan berkunjung wisatawan serta mencari pengaruhnya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil yang didapat adalah motivasi pendorong yang memiliki nilai paling tinggi adalah relaxation sedangkan untuk motivasi penarik adalah natural environment and weather attraction. Hasil selanjutnya adalah adanya pengaruh positif signifikan antara motivasi penarik dan pendorong terhadap keputusan berkunjung sebesar 47,8% sedangkan sebesar 52,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Article Details

How to Cite
[1]
N. L. Wulandani, “MOTIVASI DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KEBUN RAYA BEDUGUL PADA MASA PANDEMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 427-431, May 2023.
Section
Artikel

References

Alghamdi, A. (2007). Explicit and Implicit Motivation Towards Outbound Tourism. A Study of Saudi Tourists.
Djunaidi, I S. dan Mikhael. (2021). Pengaruh Motivasi Pendorong Dan Motivasi Penarik Terhadap Keputusan Berkunjung Di Museum Perjoangan Bogor. Journal of Tourism National University (Turn Journal) Volume 1. No 1. (September 2021)
Hasan, T M. Som, A M. dan Ismail, F. (2018). The Influence of Travel Motivation on Satisfaction and Intention to Visit Terengganu. International Journal of Engineering & Technology, 7 (4.34) (2018) 377-380
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Masdjaya. (2011). Valuasi Ekonomi Pantai Alam Indah Kota Tegal dengan Travel Cost dan Contingent Valuation Method Tahun 2011. Tesis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Yogyakarta.
Nasution, Dito A D, et al., (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita 5(2) Juli 2020 (212-224) LLDIKTI Wilayah X.
Pitana, I G. dan Gayatri, P G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi. 195 hal.