PENGEMBANGAN DESAIN LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA DESAIN FASHION UNIVERSITAS AUFA ROYHAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Olivia Feby Mon Harahap Mastiur Napitupulu

Abstract

Dewasa kini, penggunaan literasi media sosial sebagai media pembelajaran telah menjadi suatu optional dalam pembelajaran bahasa Inggris. Literasi media sosial dalam pembelajaran bahasa Inggris menyuguhkan ragam informasi dalam hal pengetahuan maupun pengalaman untuk dapat memahami serta menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhannya. Melalui literasi media sosial, ragam informasi dapat dipilih, dipilah, serta diimplementasikan ke dalam ruang lingkup pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengembangkan desain literasi media sosial dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa desain fashion Universitas Aufa Royhan di Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development dengan menerapkan model pengembangan Research and Development (R &D) yang akan digunakan dalah model 4D, yakni define, design, develop, dan  disseminate. Akan tetapi, pengembangan tersebut dibatasi sampai pada tahap design, yakni menentukan model pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa melalui literasi media sosial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa jenis design literasi media sosial yang dibutuhkan mahasiswa adalah pengembangan media sosial Facebook. Kemudian materi-materi yang dibutuhkan di dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka antara lain pembelajaran bahasa Inggris yang bersikan materi-materi specific vocabulary dalam bidang fashion serta vidio-vidio pembelajaran bahasa Inggris lainnya, seperti how to serve costomer dan promote product of fashion.

Article Details

How to Cite
[1]
O. Harahap and M. Napitupulu, “PENGEMBANGAN DESAIN LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA DESAIN FASHION UNIVERSITAS AUFA ROYHAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 517-522, Jan. 2023.
Section
Artikel

References

Ganggi, Roro Isyawati Permata. 2018. “Materi Pokok dalam Literasi Media Sosial sebagai Salah Satu Upaya Mewujudkan Masyarakat yang Kritis dalam Bermedia Sosial”. Jurnal ANUVA. ISSN: 2598-3040. Volume 2 (4): 337-345, 2018.
Hidayat, Yogi Yuda, Maskur, Jamilah. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII di SMPN 1 Cisompet Kabupaten Garut”. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 4, Nomor 1, Februari 2019.
Meinawati, Euis dan Baron, Rafari. 2019. “Media Sosial dan Pembelajjaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. P ISSN: 1829-5940. E ISSN: 2503-4510. Volume 17, No. 1, Juni 2019.
Munisah, Eny. 2021. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Teras Belajar”. Jurnal Elsa, Volume 19, Nomor 1, April 2021.
Murni, Dewi. 2022. "Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMKN 3 Tanjungpinang”. Journal of Maritime Empowerment Volume 4 No 2 Tahun 2022. ISSN 2656-9981.
Riwayatiningsih, Rika.,Susanti, Yunik., Sulistyani, Puji PA, Marhendra. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif”. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. P-ISSN: 2621-7155. E-ISSN: 2621-7147. Vol. 4, No. 2. Januari 2022.
Sudiran. 2017. “Analisis Fungsi Internet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris”. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). ISBN: 978-602-361-102-7. Tahun 2017.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2011.
Sulthan, Muhammad dan Istiyanto, S. Bekti. 2019. “Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa”. Jurnal ASPIKOM. Volume 3 Nomor 6. Januari 2019.
Wijayanti, Anita, Gunawan, Yohannes Bambang. 2021. “Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Vidio Pendek You Tube”. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. Vol. 5 (No. 1). 2021.