ANALISIS SISTEM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA
Main Article Content
Abstract
Pelayanan publik dapat dinilai berdasarkan kualitas sistem pelayanan tersebut dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diperoleh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas system pelayanan publik yang dilakukan oleh kantor kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, faktor penghambat dan faktor pendukung, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan, serta solusi dalam peningkatan pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa sistem pelayanan pegawai yang dialami masyarakat termasuk dalam kategori Cukup dimana masyarakat memberikan tanggapan positif terhadap sistem pelayanan dengan persentase 73,8% dan pegawai 87,2% kategori Baik. Terdapat faktor pendukung dalam pelayanan publik di kantor kecamatan padangsidimpuan batunadua yaitu motivasi, sadar dengan tanggungjawab, dan adanya kesempatan untuk naik jabatan dan reward. Melalui observasi, wawancara, dan angket yang dibagikan diperoleh kesimpulan bahwa masyarakat merasa puas dengan peyananan yang diterima. Solusi untuk peningkatan kualitas sistem pelayanan publik di kantor kecamatan Padangsidimpuan Batunadua yaitu upaya pemberian pelatihan kepada pegawai, membuat prosedur pelayanan yang sesuai standar, melakukan kegiatan pengembangan budaya agar pegawai sadar dengan nilai-nilai kelembagaan, serta membuka ruang dan waktu kepada masyarakat untuk mampu menggali potensi kewirausahaan melalui program kerja kantor kecamatan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cendana, G.A & Oktariyanda, T.A. 2022. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, Jurnal Administrasi Negara. Vol.10, No.4.
Firmansyah, A., & Rosy, B. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82-93. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p82-93.
Handika, B.N. dan Rostyaningsih, D. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Kabupaten Kudus). Journal of Public Policy and Management Review. Vol.9, No.3.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 Republik Indonesia tentang Undang-undang Desa Kelurahan dan Kecamatan. Yogyakarta : Pustaka Mahardika.