MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Main Article Content

Yahya Eko Nopiyanto Syafrial Syafrial

Abstract

Mahasiswa pendidikan jasmani mempunyai peran yang strategis untuk mencerdaskan setiap peserta didik dengan mengajarkan materi pendidikan jasmani. Oleh sebab itu, mahasiswa pendidikan jasmani perlu dibekali dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Penelitian dilaksanakan pada Agustus hingga Oktober 2022 yang berlokasi di program studi pendidikan jasmani Universitas Bengkulu. Subjek yang dilibatkan adalah mahasiswa pendidikan jasmani yang mengikuti perkulihan penjas adaptif berjumlah 47 mahasiswa. Adapun teknik dan  instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes.  Data dianalisis menggunakan nilai rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 42,5 %; sedangkan pada siklus 2 menjadi 78,7%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran penjas adaptif.   

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Nopiyanto and S. Syafrial, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 41-44, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Budiarti, Y. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro). PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(2).
Elindra, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Mahasiswa STKIP Tapanuli Selatan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 2(2), 89-91.
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875
Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., & Dafik. (2020). The effect of jumping task based on creative problem solving on students’ problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1), 387–406. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13126a
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Pada aspek keterampilan pemecahan masalah siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58
Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2022). Proses Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu. Jurnal Education And Development, 10(2), 28-34. https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3439
Saputra, I. G. P., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Creative Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA3 SMAN 1 Watubangga. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 16–21.
Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 8(2), 182–190.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179.