PEMANFAATAN EXTRAK GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) DAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) PADA PEMBUATAN PERMEN JELLY FUNGSIONAL

Main Article Content

Ayus Diningsih Adi Antoni Nur Aliyah Rangkuti

Abstract

Permen jelly adalah hasil olahan bertekstur padat dan relative lunak bila di kunyah di dalam mulut. Karena teksturnya yang lunak, rasanya manis, dan memiliki warna yang bervariasi, hal ini yang menyebabkan permen jelly sangat disukai masyarakat oleh hampir semua kelompok usia. Permen jelly biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi dan memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan gigi pada anak-anak. Oleh karena itu ditambahkan bahan yang bersifat bioaktif agar permen ini memiliki khasiat dalam kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik permen jelly dari ekstrak gambir dan jahe. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental berbasis laboratorium. Metode penelitian ini menggunakan rancangan acak non factorial dengan 3 perlakuan. Formulasi penelitian ini adalah sebagai berikut konsentrasi ekstrak gambir (A) : A1=2, A2=3. A4=4 (%b/v)  dan Ekstrak Jahe (B) : B1=5, B2=10 dan B3=15 (%b/v). Hasil menunjukkan bahwa kadar air permen jelly yaitu 17,23% dan kadar abu yaitu 0,95%. Uji daya larut yaitu berkisar antara 54-57,39 detik. Permen jelly memiliki warna kuning kemerahan sampai merah kecoklatan, dengan aroma khas dan tekstur yang kenyal dan di sukai oleh panelis. Permen jelly estrak gambir dan ekstrak jahe telah memenuhi standar SNI 3574-2-2008 dan Permen jelly bersifat antioksidan dengan kategori sedang

Article Details

How to Cite
[1]
A. Diningsih, A. Antoni, and N. Rangkuti, “PEMANFAATAN EXTRAK GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) DAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) PADA PEMBUATAN PERMEN JELLY FUNGSIONAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 491-495, Jan. 2023.
Section
Artikel

References

Bactiar, A., Ali, A., dan Rossi, E. (2017). Pembuatan Permen Jelly Ektrak Jahe Merah dengan Penambahan Karagenan. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau, 4(1): 1-14.
Pramitasari, D. (2010). Penambahan ekstrak jahe (Zingiber officinale Rosc) dalam
pembuatan susu kedelai bubuk instan dengan metode spray drying, komposisi kimia,
sifat sensoris dan aktivitas antioksidan. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Murdinah., R. Peranginangin., E. Sinurat., D. Fransiska., R. Kusumawati, dan Murniyati. (2007). Riset daya simpan produk tepung es krim dengan substitusi fikokoloid. Laporan Teknis Riset Pengembangan Produk Baru dari Rumput Laut. Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan.
Hayani, E. (2003). Analisis Kadar Catechin dari Gambir Dengan Berbagai Metode. Jurnal, vol. 8. No 1.
Katu, Hafsah, dkk. (2016). Inhibitory Concentration and Minimum Contact Time Gambir Extract (Uncaria gambier Roxb) Against Bacterial Growth Enterococcus faecalis. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 27, No 3, pp 239-246.
Pambayun, R., Ferdinan, M., Santoso, B., Widowati, T.W., dan Dewi, S.R.P. (2019). Pemanfaatan formulasi kinang untuk pembentukan permen jeli fungsional. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal 2018, Palembang 18-19 Oktober 2018. pp. 156-16.
Purbaya, Sari, dkk. (2018). Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etil Asetat Jahe Merah (Zingiber officinale Roscoe var. sunti) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Jurnal Kartika Kimia Univ. Jendral Ahmad yani. Vol 1 No.(1)29-34.
Rustiani, Erni, dkk. (2019). Formulasi Tablet Hisap Campuran Katekin Gambir dan jahe dengan Jenis Pengikat PVP dan Gom Arab. Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol. 1 (2) 334-339.
Santoso, Budi, dkk. (2021). Pemanfaatan Ekstrak Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Pada Pembuatan Permen Jelly Fungsional. Jurnal Dinamika Penelitian Industri Vol. 31 (2) 110-119.
BPOM RI. (2009). Sediaan Hepatorotektor. Uncariae Gambiris Folli Extractum Siccum (Gambir). Jenis Uncaria gambir (Hunter) Roxb. Direktorat Obat Asli Indonesia. Acuan Sediaan Herbal Volume Kelima. http://www.perpustakaan.pom.go.id.
AOAC. (2005). Official Methods of Analysis of Association of Analytical Chemists. Virginia. USA
BSN. (2008). Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 3547.02 2008 Tentang Batas Kandungan Kimia Permen Lunak. BSN:Jakarta.
Bachtiar, Alridho dkk. (2017). Pembuatan Permen Jelly Ekstrak Jahe Merah Dengan Penambahan Karagenan. Jurnal JOM FAPERTA UR 4 (1), 1-13.
GMIA. (2012). Gelatin Handbook. Gelatin Manufacturers Institute of America, Inc., New York, Ny