HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI DENGAN TEKNIK PEMBERIAN ASI SECARA EKSLUSIF

Main Article Content

Legina Anggraeni Windi Fatharani Dinni Randayani Lubis

Abstract

Menyusui merupakan sebuah proses yang alami untuk memberikan asupan gizi imunitas dan memelihara emosional secara optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun seringkali ibu mengalami hambatan dalam proses tersebut yang berujung pemberian ASI tidak optimal atau bahkan menghentikan proses menyusui. Salah satu faktor yang menjadi penghambat adalah pengetahuan ibu tentang teknik pemberian ASI secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan teknik pemberian ASI secara eksklusif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional lokasi penelitian berada di salah satu Tempat Praktik Bidan Mandiri Jakarta Timur. Populasi adalah seluruh ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan sedangkan, sampel berjumlah 50 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengatahuan ibu memiliki hubungan yang signifikan dengan teknik pemberian ASI (p-value 0,0001). Pengetahuan ibu menyusui terkait teknik pemberian ASI sangat bergantung kepada tingkat pendidikan ibu, usia, pekerjaan dan peran dukungan dari tenaga kesehatan serta keluarga terutama suami. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah agar setiap tempat pelayanan kesehatan dapat memberikan edukasi terkait proses pemberian ASI pada ibu nifas dan keluarganya.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Anggraeni, W. Fatharani, and D. Lubis, “HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI DENGAN TEKNIK PEMBERIAN ASI SECARA EKSLUSIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 129-133, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Aini, L. N. (2017). Hubungan Antara Sikap Ibu Primipara Dalam Pemberian Asi Dengan Teknik Menyusui Yang Benar Pada Balita Usia 0-24 Bulan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 7(1).
Binns, C et al. (2016). The Long-Term Public Health Benefits of Breastfeeding. Asian Pasific Journal of Public Health Cipta.
Erlinawati dan Sismanderi. 2017. Hubungan `Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Teknik Menyusui Dengan Pelaksanaan Teknik Menyusui Yang Benar Di Desa Tarai Bangun Wilayah Kerja Puskesmas Tambang. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 1(2).
Evareny L, H. M. (2010). Peran ayah dalam praktik menyusui. berita kedokteran masyarakat.
Haibah, N., Aswan, Y., Rangkuti, N., & Hasibuan, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Teknik Menyusui Dengan Keadaan Puting Susu Lecet Di Kelurahan Hajoran Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2).
Hepilita, Y. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Dengan Teknik Menyusui Yang Baik Dan Benar Di Puskesmas Pagal. Wawasan Kesehatan, 1(2), 149-158.
Hurlock. (2006). Psikologi Perkembangan Erlangga.
Juanita. F dan Suratmi. 2016. Peningkatan Durasi Pemberian Asi Pada Ibu Post Partum Melalui Relaksasi Autogenic Training. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19 (1). http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/430/535
Kemenkes RI. (2018). Manfaat ASI Ekslusif untuk Ibu dan Bayi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Kementerian Kesehatan RI. 2017. Buku Saku Pemantauan Status Gizi Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Khasanah. 2011. ASI atau susu formula ya?. Panduan Lengkap Seputar ASI dan Susu Formula. Jogjakarta. Flashbook.
Kuswanti I & Malo H. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Teknik Menyusui Terhadap Keterampilan Menyusui Pada Ibu Nifas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10 (1).
Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan PadaMasa Nifas "Pueperium Care".Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Notoatmodjo, S. (2014). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka
Nursalam. (2013). Pendekatan Praktis Metodelogi Riset Keperawatan. Salemba Medika.
Riksani, R. 2012. Keajaiban Air Susu Ibu. Jakarta: Dunia Sehat.
Robiwala. (2011). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang Asi Eksklusif.
Sixtia kusumawati. (2021). Hubungan Sikap Dan Dukungan Tenaga Kesehatan Dengan Keberhasilan Pemberian Asi Eksklusif. 6(2), 116–120.
Sulistianingsih, Rina. 2012. Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Cara Menyusui Yang Benar Di Dusun Lemahbang Plosokerep Karangmalang
WHO Indonesia. (2020). Pekan Menyusui Dunia: Unicef dan WHO menyuarakan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan agar mendukung semua ibu menyusui selama covid-19
Winda, Isra Nur. 2018. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Teknik Menyusui Yang Benar Di Klinik Citra Hajoran Gunung Tua Tahun 2018. Undergraduate Thesis, Institut Kesehatan Helvetia.Yogyakarta