PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI UTARA

Main Article Content

Reformasi Zega Netti Kariani Mendrofa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi awal di SMP Negeri 3 Gunungsitoli Utara dan diperoleh hasil bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih kurang dan kegiatan proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran interaktif. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Tahap pertama pada model Plomp adalah fase investigasi awal, tahap kedua adalah fase pembuatan prototipe, dan tahap ketiga adalah fase penilaian. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi dan angket respon. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar, dan saran yang diberikan validator terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil angket dari validator, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah teruji dan dinyatakan valid baik dari segi validitas materi (isi), validitas bahasa, dan validitas media (desain). Selanjutnya, media pembelajaran interaktif juga sangat praktis digunakan oleh siswa dengan persentase kepraktisan sebesar 95,47% dan hasil persentase kepraktisan dari guru sebesar 93,81%. Media pembelajaran interaktif juga efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai rata-rata 75 dan berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Zega and N. Mendrofa, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 66-74, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Amelia, Vira dan Arwin. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD). Vol. 4, no. 2. Universitas Negeri Padang, Padang.
Apsari, Putri, Nandita, dan Swaditya Rizki. 2018. “Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear.” Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 7, no. 1. Universitas Muhammadiyah Metro, Metro.
Armadan, dkk. 2017. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.” Jurnal Elemen Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 3, no. 1. Universitas Hamzanwadi, Lomok Timur.
Deliviana, Evi. 2017. Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Dan Problematikanya. UNM, Makassar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Oktaria, Marini, dkk. 2016. “Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII.” Jurnal Matematika Kreati-Inovatif. Vol. 7, no. 1. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Puspasari, Ratih. 2016. “Pengembangan Model Problem Creating Setting Peer Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 2, no. 1. STKIP PGRI Tulungagung, Tulungagung.
Putri, Ni, W., S., dan Kadek, Suryati. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM Indonesia, dalam Jurnal Matematika.” Jurnal Matematika. Vol. 9, no. 2. Universitas Udayana, Badung.
Suryani, Nunuk, Achmad, Setiawan, dan Aditin, Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Susrawan, I, Nyoman, Adi. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Bali melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Kubu Karangasem, disajikan dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian tentang Inovasi Ipteks Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar. Denpasar, 29-30 Agustus.
Usfiyana, Ifa. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Al-Ishlah Semarang.” Joined Journal. Vol. 2, no. 1. IKIP Veteran Semarang, Semarang.
Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif, Jember.
Wulandari, Sri dan Rahma, Indah Fitria. 2021. “Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring.” Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika. Vol. 7, no. 1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.
Yusri, Radhya dan Husaini, Al. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang.” Jurnal Ipteks Terapan. Vol. 11, no. 1. Kopertis Wilayah X, Padang.