HUBUNGANAN ANTARA PELAKSANAAN E-LEARNING, KREATIVITAS GURU PAI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 9 KOTA BLITAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pelaksanaan e-learning, kreativitas guru PAI dan disiplin belajar dengan prestasi belajar PAI baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode survey melalui angket dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling dari populasi terjangkau yaitu siswa kelas VII dan VIII SMPN 9 Kota Blitar yang merupakan bagian dari populasi target yaitu selurus siswa SMPN 9 Kota Blitar. Sampel penelitian berjumlah 85 dari 559 siswa. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi produst moment dan Korelasi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan signifikan antara pelaksanaan e-learning dengan prestasi belajar PAI dengan Sig. 0.005< 0.05 (Ho ditolak), 2) terdapat hubungan signifikan antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar PAI dengan Sig. 0.006< 0.05 (Ho ditolak), 3) terdapat hubungan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar PAI dengan Sig. 0.011< 0.05 (Ho ditolak), 4) terdapat hubungan signifikan dan simultan antara pelaksanaan e-learning, kreativitas guru PAI dan disiplin belajar dengan prestasi belajar PAI dengan Sig. F Change 0.009< 0.05 (Ho ditolak).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aziz, R. (2017). Creative Learning: Teori, Riset, Praktik (Malang). Edulitera.
Darmawan, D. (2014). pengembangan e-learning: teori dan desain. Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional.
Djamarah, S. B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Rineka Cipta.
E, M. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Evaluasi PJJ, Kemendikbud: Ada Penurunan Nilai Hasil Belajar Siswa. (n.d.). Retrieved March 28, 2022, from https://edukasi.sindonews.com/read/312472/212/evaluasi-pjj-kemendikbud-ada-penurunan-nilai-hasil-belajar-siswa-1611496889
Fathurrahman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras. https://www.academia.edu/49069386/Belajar_dan_pembelajaran
Handayani, E. F., & Wiyata, M. T. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring Di Institut Manajemen Wiyata Indonesia. Arika, 14(2), 75–82. https://doi.org/10.30598/arika.2020.14.2.75
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hasriadi. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5
Kemdikbud. (2016). KBBI Daring. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi.
Mahmudi, I. (2019). Evaluasi Pendidikan (Cet. 1). Lintang books.
Masnia, Hadi, T. S., & Rahardja, I. B. (2020). Efektifivitas Aplikasi Latex Pada Pembelajaran E-learning matematika. Jurnal Didactial Mathematics, 2(3), 47–53.
Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01–14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980
Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keterbatasan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mustafa, K. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (konsep dan Aplikasi) (Cet. ke-1). Alfabeta.
Oktavia, Y. (2014). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 808–815.
Prasojo, L. D., & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Gava Media.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Rositania, L. W., Ardianti, S. D., & Khamdun. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Di Desa Trangkil Rw 02. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–42. https://ejournal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik
Rosyid, M. Z., Mansyur, M., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta.
Subana, & Sudrajat, M. R. (2000). Statistik Pendidikan. Pustaka Baru Press.
Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Remadja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhendra, Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2021–1409. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4
Sutisna, O. (1987). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untu Praktek Profesional. Offset Angkasa.
Umar, M. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mountong Kabupaten Parigi Mountog Provinsi Sulawesi Tengah. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo, 5(2), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37606/publik.v5i2.26
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar dan Implementasi). Kencana.