PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU BERDASARKAN FANATISME, GAYA HIDUP BRAND MINDED DAN KONTROL DIRI

Main Article Content

Rabiatul Adhawiyah Achmad Ruslan Afendi Hardiansyah Hardiansyah

Abstract

This study aims to determine consumptive behavior in terms of the influence of fanaticism, brand minded lifestyle and self-control on University X students. This study uses a quantitative approach with a total of 221 students selected by purposive sampling technique. The data was collected using a Likert-type scale which was then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with the help of Amos software version 22. The results showed that fanaticism had an influence on student consumptive behavior with a C.R value of 3.511 1.96 and a p value of 0.000 < 0.05. Then the brand minded lifestyle has no influence on consumptive behavior with a C.R value of -1.807 1.96 and a p value of 0.071 > 0.05. Furthermore, self-control has an influence on consumptive behavior with a C.R value of -4.433 1.96 and a p value of 0.000 <0.05

Article Details

How to Cite
[1]
R. Adhawiyah, A. Afendi, and H. Hardiansyah, “PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU BERDASARKAN FANATISME, GAYA HIDUP BRAND MINDED DAN KONTROL DIRI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 303-308, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Adzkiya, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif dan Faktor Pendorongnya: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017. Jurnal Al-Iqtishad. 3(1): 12-17.
Aisya, M. (2016). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Menarche di SMA Negeri 1 Driyorejo Kabupaten Gresik. Skripsi. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.
Akmal, H., & Saputra, Y. E. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam). 1(2): 235-244.
Angelina, D. Y., & Matulessy, A. (2013). Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diri dan Perilaku Seks Bebas Remaja SMK. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 2(2): 173-182.
Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. 12(1): 34-42.
Annisa, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif dan Faktor Pendorongnya (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017. Jurnal Esensi. 2(1): 9-32.
Anugrah, R. (2011). Pengaruh Sikap Terhadap Produk dan Gaya Hidup Brand Minded Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Blackberry pada Siswa SMA Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Jurnal Tazkiya. 4(2): 15-41.
Ardiana, M. (2016). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 4(1): 59-75.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Aulia, M. (2019). Hubungan Konsumtif di Perbankan Syariah dan Dampaknya Kepada Nilai Tukar. Jurnal al-Mizan. 3(1): 1-136.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatn 2011. Jurnal e-Biomedik (eBm). 3(1): 297-302.
Dewi, N., Rusdarti, dan Sunarto, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education. 6(1): 29-35.
Dianda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Jurnal Istighna. 1(1): 116-120.
Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi. (3)1: 59-72.
Ghozali, I. (2016). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasibuan, E. P. N. (2009). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Journal Psikologia. 10(2): 54-63.
Hendra. (2018). Hubungan antara Fanatisme dengan Perilaku Agresi Suporter Sepakbola Brigata Curva SUD. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.
Imawati, I., Susilaningsih. & Ivada, E. (2013). Pengaruh Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Jupe UNS. (2)1: 48-58.
Jannah, M. (2014). Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita yang Memiliki Fanatisme K-Pop di Samarinda. Ejurnal Psikologi. 2(2): 182-194.
Katadata. (2017). Berapa Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia. Diakses tanggal 27 Maret 2019 dari https://databoks.katadata.co.id/.
Kurniawan, F. (2013). Hubungan antara Religiusitas dengan Kontrol Diri pada Anggota Intelkam Polres Cilacap. Jurnal Psycho Idea. 11(1): 1-7.
Khoirunnas. (2017). Pola Konsumtif Mahasiswa di Kota Pekanbaru. JOM Fisip. 4(1): 1-15.
Lina & Rosyid, H. F. (2010). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Psikologi. Jurnal Psikologika. 4(1): 5-13.
Lisma, M., & Haryono, A. (2016). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). JPE. 9(1): 41-50.
Manjasari, F. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Psikosains. 12(1): 9-20.
Marimaa, K. (2011). The Many Face of Fanaticism. Jurnal ENDC Proceedings. 14: 29-55.
Mayadevi, N. L. P. U. (2019). Upaya Kontrol Diri untuk Tidak Berselingkuh di Setiap Komponen Cinta pada Mahasiswa yang Menjalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh. Jurnal Psikologi. 42(1): 11-19.
Muslich, M., & Dewi, N. W. S. P. (2017). Hubungan antara Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada Supporter Lazio di Surabaya. Jurnal Character. 8(2): 1-6.
Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan “X”. Jurnal Psikologi Esa Unggul. 12(1): 10-17.
Purnamasari, I. (2016). Faktor Pendorong Fanatisme pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan. Ejournal Psikologi. 4(3): 260-269.
Putri, G. A. W. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Impulsive Buying pada Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 3(1): 122-156.
Putri, S. M. S. S. (2018). Makna Gaya Hidup “Brand Minded” pada Konsumen Sosialita. IDEA Jurnal Humaniora. 4(1): 84-95.
Ridwan, M. (2017) Pengaruh Sikap dan Gaya Hidup Brand Minded Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. Jurnal Ekonomi Islam Laa Maisyir. 5(2): 1-52.
Runtukahu, G.C., Sinolungan, J., & Opud, H. (2015). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Merokok Kalangan Remaja di SMKN 1 Bitung. Jurnal e-Biodemik. 3(1): 84-92.
Seregina, A., Koivisto, E., & Mattila, P. (2011). Fanaticism-Its Developmentand Meanings in Consumers Lives. Journal of Aalto University School of Economics. 1(1): 1-106.
Sholihah, U., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2018). Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. Jurnal E-JRA. 7(11): 86-96.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taviono, P. D. P. (2016). Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Pembelian Impulsif Produk Fashion pada Remaja. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Wahidah, N. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(2): 1-12.
Wijaya, R. A., Djalali, M. A., & Sofiah, D. (2015). Gaya Hidup Brand Minded dan Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan Bermerk Eksklusif Pada Remaja Putri. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. 4(2): 111-126.
Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.